Rangkaian Dies Natalis ke-29, Undiksha Gelar Bhakti Sosial dan Peduli Lingkungan

Serangkaian dengan Dies Natalis ke-29, Undiksha menggelar kegiatan sosial di Pantai Penimbangan, Jumat (14/1/2022)

Singaraja- Serangkaian Dies Natalis ke- XXIX, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melaksanakan kegiatan bakti sosial dan aksi peduli lingkungan di kawasan Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi falsafah Tri Hita Karana.

Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Buleleng dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pantai Penimbangan. Untuk kegiatan bakti sosial, ditunjukkan dengan penyaluran bantuan pangan kepada petugas kebersihan maupun warga yang tergabung dalam Pokmaswas pantai. Sedangkan kegiatan peduli lingkungan, ditunjukkan dengan bersih-bersih pantai maupun laut.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan kegiatan pengabdian masyarakat rutin dilaksanakan oleh Undiksha termasuk menjadi salah satu kegiatan wajib di dalam dies natalis, di samping kegiatan lainnya, seperti kegiatan ilmiah, olahraga, maupun seni budaya.
“Pengabdian masyarakat ini kami lakukan dalam berbagai bentuk ada kita memberikan penyuluhan dan yang paling banyak kita lakukan sampai beberapa hari adalah memberikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Ia yang didampingi Wakil Rektor I , Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I., dan Ketua LPPM, Prof. Dr. I Gede Astra Wesnawa, M.Si., lebih lanjut menyampaikan, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Undiksha juga turut melaksanakan kegiatan berbagi kepada masyarakat. Kegiatan tersebut sebagai wujud Undiksha benar-benar mengimplementasikan Tri Hita Karana bidang pawongan dan palemahan yang muaranya pada penguatan keharmonisan dalam kehidupan.

Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Buleleng, Kadek Agus Hartika yang mewakili Kepala dinas menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Undiksha yang telah memberikan kepedulian terhadap lingkungan dan juga kepada tenaga-tenaga kebersihan, utamanya yang bertugas di pantai dan sepanjang sungai di seputaran Pantai Penimbangan. “Kami mewakili Kadis DLH Buleleng dalam rangka gotong royong dan bakti sosial LPPM Undiksha Singaraja dalam rangka dies natalis ke-29 Undiksha kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih terhadap Undiksha,” ungkapnya. Kegiatan ini juga dihadiri dekan, direktur, wakil dekan dan ketua jurusan. Masih dalam rangkaian dies natalis, Undiksha juga akan melaksanakan penghijauan di Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng. (hms)

Informasi Publik