Program Magang Berakhir, Mahasiswa Vietnam Apresiasi Undiksha

Singaraja – Setelah melakukan program Praktek Kerja Lapangan, 3 mahasiswa dari Hoa Sen University berpamitan dengan pimpinan Undiksha untuk kembali ke negaranya. Mereka dilepas Wakil Rektor I Undiksha yang sekaligus memberikan sertifikat, Selasa (26/2/2020).

Ketua LPPPM Undiksha, Prof. Dr. A.A.I.N. Marhaeni, M.A., yang mendampingi mengungkapkan ketiga mahasiswa ini melaksanakan program PKL di Hotel Puri Bagus. Mereka datang ke Undiksha melalui skema SEA-TVET (South East Asia Technical and Vocational Education and Training). “Mereka sudah satu bulan disini melakukan magang di Hotel Puri Bagus,” ujarnya. Marhaeni juga mengungkapkan ketiga mahasiswa ini mendapat apresiasi dari Hotel Puri Bagus karena integritas dan kemauannya dalam beradaptasi. “Mereka mendapat apresiasi dari pihak hotel. Mahasiswa kita ini sangat antusias dalam melaksaksanakan program magang dan juga hubungan sosial dengan staf sangat baik,” tutup dosen Pendidikan Bahasa Inggris ini.

Salah satu mahasiswi Vietnam, Han Dinh Thi Khanh mengungkapkan orang-orang Undiksha cukup ramah dan baik, “I gained so many experiences in this trip. About the people, they are so nice and hospitality also the food is so delicious. So thank for the Undiksha because had facilitated us to have such an interesting trip (Saya mendapatkan begitu banyak pengalaman selama disini. Orang-orang disini sangat baik dan ramah. Makanan di Bali sangat lezat. Terima kasih banyak Undiksha karena telah memfasilitasi kami untuk mendapatkan pengalaman yang begitu menarik),” ujarnya.

Sementara itu, Hoang To Viet menyampaiakn apresiasinya kepada Undiksha yang telah memberikan pengalaman kerja dan budaya Bali selama mereka melakukan magang, termasuk pada pengalaman berinteraksi dengan mahasiswa Undiksha. “This internship in Bali was the most memorable time for me! I experienced so many new things, how great was it when I found out more about your wonderful culture and met a lot of nice, interesting people here – especially the students from Undiksha. We’re having so much fun and I’m looking forward to seeing you guys again. (Magang di Bali adalah waktu yang paling berkesan bagi saya! Saya mengalami begitu banyak hal baru, betapa hebatnya ketika saya mengetahui lebih banyak tentang budaya Bali yang luar biasa dan bertemu banyak orang yang baik dan menarik di sini – terutama mahasiswa dari Undiksha. Kami menikmati waktu bersama dan saya berharap dapat melihat kalian lagi,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan mahasiswi bernama Anh Lan. Civitas akademika di Undiksha dinilai sangat baik dan ramah. Ia mendapatkan dukungan yang baik dari para mahasiswa selama mengikuti kegiatan magang ini. “People of Undiksha University are quite friendly and outgoing, I received many supports from our buddies during the internship here. Many thanks to Undiksha University for giving me such an interesting internship here,” tutupnya.

Program Praktek Lapangan (PKL) dan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Luar Negeri akan sering digelar oleh Undiksha sehingga mampu sebagai rumah belajar bagi mahasiswa dunia untuk mewujudkan program internationalization at home yang dicanangkan mulai 2019. (hms)

Informasi Publik