POMNAS XVI, Puluhan Atlet Undiksha Turut Wakili Bali

Singaraja- Sebanyak 29 atlet Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) diturunkan untuk mewakili Bali dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI di Jakarta, 18 sampai 26 September 2019. Pelepasannya dilakukan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., di Lobi Rektorat, Senin (16/9/2019). Atlet tersebut terbagi untuk berlaga pada cabang olahraga. Ada karate, atletik, pencak silat, petanque, renang, tenis lapangan, sepak takrow, futsal, dan kriket. Sebelum bertanding di ajang bergengsi itu, persiapan sudah dilakukan dengan matang, termasuk juga latihan yang sangat intensif. Seluruh atlet itu pernah berlaga pada ajang Porprov Bali dan berhasil meraih medali, termasuk pada laga yang berlangsung di Kabupaten Tabanan.

Rektor Jampel memberikan apresiasi atas partisipasinya dalam ajang di kota megapolitan ini. Diharapkan mampu bersaing dan menorehkan prestasi gemilang. “Kami ucapkan selamat. Harus percaya diri. Tunjukkan Undiksha ini sudah unggul. Bisa mengungguli yang lain. Harus percaya diri,” tegasnya.

Disampaikan lebih lanjut, mahasiswa Undiksha sudah banyak yang menorehkan prestasi, khususnya dalam bidang olahraga. Bahkan itu tidak hanya skala nasional, seperti karate, namun ada yang internasional, salah satunya woodball. Prestasi itu diharapkan bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Pasalnya, tidak hanya penting untuk meningkatkan daya saing individu, tetapi juga mampu meningkatkan grade lembaga. “Kami berharap prestasi terus lahir, khususnya dari cabang olahraga,” katanya. Mendukung lahirnya atlet andal, perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran ini berupaya meningkatkan sarana-prasarana pendukung. “Fasilitas lain juga kami upayakan bisa semakin baik,” imbuh Jampel.

Salah satu pembina, Kadek Happy Kardiawan, S.Pd.,M.Pd., mengungkapkan atlet yang diturunkan ini dipilih dengan selektif. “Minimal mereka pernah dapat medali perunggu di Porprov Bali,” katanya. Disebutkan, untuk bisa bersaing dengan atlet lain, latihan sudah dilakukan secara maksimal. “Ada yang setelah tampil di Porprov Tabanan, latihan lagi di kampus. Semoga bisa mendapatkan hasil terbaik,” imbuh pria yang juga sebagai Wakil Dekan III Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha ini. (hms)

Informasi Publik