PKL dan PPL, Undiksha Kembali Terima Mahasiswa dari Luar Negeri

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali menerima mahasiswa PKL dan PPL dari sejumlah perguruan tinggi di Philipina dan Thailand. Program tersebut sebagai salah satu bagian dari program internationalization at home yang telah dicanangkan Undiksha tahun 2019 ini.

Penerimaan mahasiswa berbagai program itu berlangsung di Gedung Seminar Umum (GSU) Undiksha, Selasa (3/9/2019). Dihadiri Wakil Rektor I Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.TI. Ia mengungkapkan terdapat 43 mahasiswa yang mengikuti program PKL dan PPL. Hanya saja kedatangannya secara bertahap. Kali ini sebanyak 16 orang. Mereka melaksanakan PPL di sekolah Lab Undiksha dan PKL di perhotelan dan perbankan. Program ini tidak hanya penting untuk mahasiswa yang bersangkutan. Namun juga pihak yang menerima. Salah satunya menjadi motivasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. “Dari perbankan ada yang menyampaikan, kalau ada mahasiswa dari luar negeri lagi, ajak PKL disana (bank-red). Itu bisa memaksa untuk belajar bahasa Inggris katanya,” jelasnya. Melalui program itu, mahasiswa diharapkan tidak hanya fokus pada bidang akademik. Namun juga mampu membangun interaksi sosial maupun mengenal kebudayaan lokal. “Kami berharap program ini juga bisa untuk mengenal kebudayaan yang ada disini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) Undiksha, Dr. Ni Made Ratminingsih, M.A., menjelaskan dalam PKL dan PPL, mahasiswa itu diberikan pendampingan. Diharapkan, kemampuannya sesuai bidang dapat semakin meningkat. “Seperti mengajar, ada orientasi dulu, kemudian latihan terbimbing dan mandiri,” jelasnya.

Selain menerima, Undiksha juga mengirim mahasiswa ke luar negeri untuk mengikuti program serupa. Yaitu di Philipina, Tlailand, Vietnam dan Malaysia. Tahun ini, jumlahnya mencapai 98 orang dari berbagai program studi. Angka tersebut terus meningkat dari sejak awal digulirkan pada tahun 2017. Jumlah pendaftarnya pun demikian. Atas hal itu, Undiksha yang memiliki delapan fakultas berupaya memperluas kerjasama, termasuk untuk bidang lain, seperti riset dan pertukaran dosen. (hms)

Informasi Publik