Pilmapres Undiksha, Ajang Tingkatkan Kualitas Mahasiswa

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2021. Puncak penganugerahannya berlangsung secara daring, Kamis (25/3/2021). Juara pada ajang bergengsi ini, untuk jenjang sarjana diraih Ni Made Sindy Warasniasih dan jenjang Diploma III diraih Putu Bimantara. Kedua mahasiswa ini berasal dari Fakultas Ekonomi.

Ketua Panitia Pilmapres, Dr. I Wayan Widiana, S.Pd.,M.Pd., menyampaikan ajang ini merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan secara nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahun. Proses seleksinya dimulai dari tingkat fakultas, universitas, regional dan berlanjut ke tingkat nasional. Khusus di Undiksha, seleksi dilakukan terhadap 35 mahasiswa, yaitu 11 orang dari jenjang D-III dan 24 orang dari jenjang sarjana. “Di setiap tahapan proses seleksi selalu dilakukan secara ketat, penilaian penuh disiplin, dengan mengikuti panduan nasional yang merujuk pada kinerja individu mahasiswa yang memenuhi kriteria pemilihan, terdiri dari enam unsur, yaitu IPK, memiliki prestasi capaian yang diunggulkan dan dibanggakan, mampu menulis karya tulus ilmiah, memiliki kemampuan dalam bidang bahasa Inggris, setelah itu dilanjutkan dengan proses Computer Based Test (CBT) dan wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Pada seleksi tingkat universitas, panitia menerapkan konsep training center. Peserta terlebih dahulu mengikuti karantina dan pembinaan khusus yang kemudian dilanjutkan seleksi. Proses ini memberikan kemampuan dan kompetensi lebih yang harus dimiliki peserta. “Kami berharap mahasiswa dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya yang dimiliki,” katanya. Disampaikan lebih lanjut, dalam pembinaan, narasumber yang dihadirkan tidak hanya berasal dari Undiksha, tetapi juga orang-orang kredibel yang sudah berkecimpung di tingkat nasional. Materi yang diberikan berupa motivasi berprestasi, penulian karya ilmiah berbahasa Inggris, pembuatan poster, pelatihan wawancara dengan bahasa Inggris, Computer Based Test (CBT), tes sikap dan wawasan kebangsaan. “Seleksi tingkat universitas, pembinaan dilakukan melalui dua tahapan. Pertama menyeleksi pemenang dan kedua persiapan ke tingakat nasional,” terangnya.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd mengapresiasi kegiatan ini karena tetap terlaksana di tengah pandemi Covid-19. “Saya atas nama pribadi dan pimpinan Undiksha, mengucapkan terima kasih kepada tim yang sudah memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan ini. Kegiatan ini tidak sekadarnya, tetapi juga ada usaha-usaha yang dilakukan,” ungkapnya. Lebih lanjut, Rektor asal Nusa Dua, Kabupaten Badung ini mengajak berharap mahasiswa yang turut tampail di ajang Pilmapres ini untuk terus meningkatkan prestasi akademik, keterampilan, berkreativitas dan inovasi maupun sikap. “Selain itu juga harus percaya diri dan bangga bisa menjadi mahasiswa Undiksha,” ajaknya.

Sebagai perguruan tinggi yang relatif muda, Undiksha selalu berusaha secara maksimal agar semakin banyak mahasiswa mencapai prestasi dan dapat mengungguli perguruan tinggi yang lain. Langkah yang dilakukan adalah dengan membentuk sejumlah tim pembinaan. Capain prestasi, terlebih hingga ke tingkat internasional sebagai salah pendukung untuk mempercepat mewujudkan visi Undiksha, yaitu menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045. “Undiksha telah membentuk sejumlah tim untuk mendukung kinerja, seperti PKKM dan program mahasiswa wirausaha. Saya selalu ikuti juga, sudah banyak mahasiawa kita tidak hanya mengedepankan prestasi akademik, tetapi juga bidang wirausaha,” pungkasnya. Pada kesempatan itu juga diharapkan bagi mahasiswa terbaik dapat mengikuti dan masuk  dalam penyisihan nasional. “Kita berharap bisa berada di sepuluh besar dan bisa menjuarai. Kalau kita rencanakan, kita dukung, astungkara bisa,” harapnya. (hms)

Informasi Publik
Indonesia