Miliki Potensi, Akademisi Undiksha Dukung Pengembangan Sport Tourism di Desa Panji Anom

Singaraja– Program Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) yang dilaksanakan oleh akademisi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) tidak hanya terbatas pada bidang pembelajaran, namun juga bidang pariwisata. Seperti yang dilakukan tim terdiri dari Dr. Syarif Hidayat, M.Pd, I Ketut Chandra Adhinata, M.Pd, Ni Made Dwi Sucidartini, M.Pd, dan Dr. Luh Putu Tuti Ariani, M. Fis., yang menggarap potensi alam Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Syarif Hidayat menjelaskan Desa Panji Anom yang masuk sebagai daerah aliran sungai Sudamala memiliki potensi alam yang luar biasa, seperti hamparan persawahan dengan terasering. Selain itu juga didukung dengan potensi budaya yang masih terpelihara dengan baik oleh masyarakatnya, seperti permainan tradisional magoak-goakan. Oleh sebab itu, perlu ada dukungan terhadap kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk dapat mengelola potensi tersebut semakin maksimal. “Potensinya sangat mendukung pengembangan sport tourism. Sehingga kami memberikan pelatihan kepada anggota Pokdarwis agar semakin bisa memanfaatkan potensi daerahnya. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut kerjasama antara Pemkab Buleleng dan Undiksha dalam pengembangan wilayah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sudamala,” jelasnya disela-sela memberikan pelatihan, Minggu (19/7/2020).

Pelatihan tersebut fokus pada penyusunan aktivitas dan promosi olahraga trckking yang diarahkan dapat berbasis informasi teknologi. Melalui cara ini, jangkauan informasi terhadap wisatawan dapat semakin luas. “Promosi ini dapat menggunakan video atau foto yang menarik,” ucapnya.

Pengembangan wisata berbasis kearifan lokal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat maupun desa. Pendampingan akan dilakukan secara berkelanjutan, dengan harapan pula usaha wisata di kawasan pegununan ini semakin berdaya saing. “Kami berharap program ini dapat memberikan hasil maksimal untuk desa,” pungkasnya. (rls/hms)

 

Informasi Publik