Masa Pandemi, HMJ Hukum dan Kewarganegaraan Undiksha Ajak Bangun Kesadaran Lingkungan dan Cinta Pancasila

HMJ Hukum dan Kewarganegaraan Undiksha menggelar aksi pembersihan pantai, Selasa (1/6/2021)

Singaraja- Di tengah masa pandemi Covid-19, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melaksanakan kegiatan pembersihan di Pantai Kerobokan, Singaraja, Selasa (1/6/2021). Kegiatan ini bertajuk “Human and Environment Harmony”. Pada hari yang sama, organisasi kemahasiswaan ini juga tabur bunga di Taman Makam Pahlawan  Curastana, Singaraja, dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. Kegiatan ini dengan tema “Menggiatkan Mahasiswa Terhadap Pancasila Dalam Membangun Generasi Milenial”.

Ketua HMJ, Ketut Ade Candra Guna Pratama menyampaikan pembersihan pantai sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan, khususnya wilayah pesisir dan laut guna terjaganya ekosistem yang baik.

Hal ini untuk mewujudkan kehidupan harmoni yang seimbang antara lingkungan dengan kehidupan manusia.

Sementara itu, kegiatan tabur bunga dimaksudkan  untuk mengenang jasa para pahlawan sebagai bentuk penghargaan terhadap jasanya dalam mempertahankan NKRI. “Ini juga sekaligus untuk meningkatkan rasa nasionalisme serta patriotisme kita kepada para pahlawan yang sudah berjuang,” katanya.

Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M., mengharapkan kegiatan ini dapat dilakukan berkelanjutan dan jangkauannya dapat lebih luas. “Kami berharap kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa dapat memberikan manfaat untuk masyarakat maupun memberikan motivasi,” ujarnya. Disampaikan lebih lanjut, program pengabdian pada masyarakat ini sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya untuk terus digulirkan. “Termasuk pendidikan dan pengajaran serta penelitian, dapat juga dilakukan oleh mahasiswa. Sehingga Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat terimplementasi sepenuhnya,” harapnya.

Secara khusus, akademisi asal Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng ini mengajak seluruh generasi muda untuk terus menumbuhkan jiwa nasionalisme dan menjunjung tinggi Pancasila. “Generasi milenial mesti memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Ini penting juga untuk mewujudkan keharmonisan,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik
Indonesia