Mantapkan Output Program ICT 2021, Undiksha Undang Dua Praktisi

Gede Subianta Eka Krisnawan, salah Satu Praktisi dalam Kegiatan "Focus Group Discussion: Social Innovation and Entrepreneurship"

Singaraja – Universitas Pendidikan Ganesha, melalui Badan Kerja Sama dan Kehumasan (BKK) menggelar Kegiatan “Focus Group Discussion: Social Innovation and Entrepreneurship” sebagai bagian dari Program International Credit Transfer (ICT) Undiksha Tahun 2021 yang dibiayai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Ganesha III, Gedung Rektorat Undiksha, Senin-Selasa (13/12/2021 – 14/12/2021) dengan menghadirkan 2 praktisi, yakni Gede Subianta Eka Kresnawan (Ketua Umum BPC HIPMI Buleleng) dan I Gusti Ayu Agung Istri Sari Dewi, M.B.A. (Akademisi dan Entrepreneur), dengan 2 dosen Undiksha selaku moderator yaitu Gede Satya Hermawan, S.S, M.Si. dan Nyoman Sugihartini, S.Pd., M.Pd.

Dr. Kadek Eva Krishna Adnyani S.S., M.Si., selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil perkuliahan dengan pihak Ming Chi University of Technology (MCUT) Taiwan. Dalam kegiatan ini, mahasiswa Program ICT mempresentasikan proposalnya di hadapan praktisi dan reviewer. “Jadi, ada 30 mahasiswa Undiksha ikut program ini, yaitu 10 mahasiswa FBS, 10 mahasiswa FIP dan 10 mahasiswa FTK. Mereka sebelumnya telah mengikuti mata kuliah Social Innovation and Entrepreneurship Online Workshop dengan MCUT Taiwan hingga berhasil menghasilkan proposal kewirausahaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, pada hari pertama, 3 kelompok yakni Kelompok Ukir Bali, Garam Gangga dan Bali Bokor mempresentasikan materinya kepada Gede Subianta Eka Kresnawan. Sementara pada hari kedua, I Gusti Ayu Agung Istri Sari Dewi mereview 3 proposal dari Kelompok Prefill Application, BAVLI dan Luwas. “Kita ingin mematangkan proposal itu, ya dengan cara mengundang praktisi. Mereka memberikan masukan dari sudut pandang praktisi kepada kelompok kewirausahaan sehingga memudahkan mahasiswa untuk merealisasikan idenya. Untuk hari pertama outputnya adalah produk fisik, sedangkan hari kedua outputnya adalah produk digital atau start-up,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, turut pula mengundang reviewer internal, yakni Dewa Gede Firstia Wirabrata, M.Psi.,Psikolog, dan A.A. Gede Yudha Paramartha, S.Pd., M.Pd. yang memberikan review pada hari pertama. Sedangkan pada hari kedua dihadiri oleh reviewer Dr. I Made Gede Sunarya, S.Kom., M.Cs. dan Dewa Ayu Putri Handayani, S.Psi., M.Sc. (hms)

Informasi Publik