Mantapkan KSKI-MBKM, Prodi PKO Undiksha Sempurnakan Dokumen

Prodi PKO Undiksha menggelar Focus Group Discussion (FGD) & Workshop Pengembangan KSKI MBKM

Singaraja- Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Pendidikan Ganesha (Prodi PKO Undiksha) sebagai salah satu prodi yang berhasil memperoleh Hibah Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (KSKI MBKM). Berkaitan dengan itu, Selasa (14/9/2021) digelar Focus Group Discussion (FGD) & Workshop Pengembangan KSKI MBKM guna mendapatkan penyempurnaan dokumen yang telah disusun sebelumnya.

Kegiatan yang berlangsung secara online ini melibatkan seluruh staf dosen PKO dan stakeholder, seperti Disdikpora Kabupaten Buleleng, KONI Kabupaten Buleleng, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, BKPSDM Buleleng, Pokmaswas Penimbangan, Negaroa Majapahit Soccer Academy, Vamos Academy Buleleng, Academy Bola Voli Buleleng, Elang Laut Swimming Club Denpasar, dan para alumni Prodi PKO. “Peserta kegiatan ini dengan jumlah total 31 orang,“ungkap Ketua KSKI MBKM PKO, Dr. Wasti Danardani, S.Pd.,M.A.

Dijelaskan, kegiatan ini sebagai ruang untuk mengakomodasi masukan atau saran terhadap dokumen yang telah disusun sehingga semakin berkualitas dan dapat sepenuhnya mendukung program yang akan dilaksanakan. “Dengan keterlibatan stakeholders ini, kami berharap dokumen semakin baik. Masukan kami sangat perlukan,” imbuhnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I. Ia menekankan kepada para dosen di Prodi PKO agar melakukan tinjauan terhadap kurikulum yang telah berjalan dan pada FGD ini muncul atau menghasilkan pedoman yang menuntun mahasiswa dalam implementasi MBKM. Selain membuka kegiatan, akademisi asal Kabupaten Badung ini juga sekaligus sebagai narasumber.

Pada tahun sebelumnya prodi PKO Undiksha sudah melakukan beberapa kegiatan yang bercirikan MBKM, seperti adanya penawaran mata kuliah pilihan di setiap kurikulum, adanya program pertukaran mahasiswa nusantara (PERMATA), dan program magang/praktik kerja lapangan (PKL) di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), seperti di klub-klub olahraga yang ada di Bali. Namun yang membedakan pada program MBKM ini salah satunya adalah kegiatan magang di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dapat mengekuivalensi beberapa matakuliah lainnya. (rls)

Informasi Publik