Lantik Dekan dan Pejabat Struktural, Rektor Undiksha Tantang Percepat Wujudkan Visi

Singaraja- Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., melantik enam dekan dan enam pejabat struktural, Kamis (5/9/2019). Pejabat baru tersebut ditantang untuk terus berinovasi dan mampu mempercepat mewujudkan visi Undiksha sebagai universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045.

Dekan yang dilantik, yakni Fakultas Bahasa dan Seni, yang dijabat Prof. Dr. I Made Sutama, M.Pd. Ia menggantikan Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, M.A. Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS), masih dijabat Prof. Dr. Sukadi, M.Pd.,M.Ed. Fakultas Ilmu Pendidikan dijabat Dr. I Ketut Gading, M.Psi yang menggantikan Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S.,Kons., Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang masih dijabat Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. Fakultas Olahraga dan Kesehatan masih dijabat I Ketut Budaya Astra, S.Pd.,M.Or., dan Fakultas Teknik dan Kejuruan masih dijabat Dr. I Gede Sudirtha, S.Pd.,M.Pd.

Sementara itu, untuk struktural, pelantikan dilakukan pada jabatan Kepala Bagian Umum dan Tata Laksana, yang dijabat oleh Nyoman Marjaya, S.E, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Keuangan. Kepala Bagian Keuangan dijabat I Putu Sudiarna. SP., yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Perencanaan dan Kerjasama. Kepala Bagian Perencanaan dan Kerjasama dijabat I Gusti Putu Anom Arimbawa, S.T yang sebelumnya sebagai Kepala Subbagian Program dan Anggaran. Kepala Subbagian Program dan Anggaran dijabat Luh Nitra Aryani, S.Pd yang sebelumnya sebagai Analis Sumber Daya Manusia Aparatur. Ada pula Kepala Subbagian Umum dan Keuangan Pada Bagian TU FHIS yang dijabat I Gusti Ayu Ngurah Santini, S.E yang sebelumnya sebagai Kepala Subbagian Akuntansi dan Pelaporan pada Bagian Keuangan. Ia bertukar jabatan dengan I Komang Adi Paramarta, S.T yang juga turut dilantik.

Khusus untuk Dekan, Rektor Jampel langsung memberikan sederet tugas terkait peningkatan kualitas lembaga. Di tengah adanya berbagai tantangan dan peluang saat ini, orang nomor satu di Fakultas ini diminta mempertahankan ataupun meningkatkan akreditasi universitas. Termasuk peningkatan akreditasi masing-masing program studi menuju Akreditasi Internasional. Tak kalah penting juga menguatkan dan  meningkatkan kualitas tata kelola lembaga yang lebih efektif dan efisien, menguatkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta publikasi ilmiah, baik di jurnal internasional terindeks maupun jurnal nasional terakreditasi. “Begitu juga untuk kualitas proses belajar mengajar untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing. Harus menjadi perhatian dan haris ditindaklanjuti,” tegasnya.

Mempercepat mewujudkan visi, para Dekan juga diminta tidak mengabaikan prestasi mahasiswa. Hal itu harus digenjot dan mampu bersaing pada kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Tak kalah penting lagi, harus mengoptimalkan kerjasama yang sudah terbangun ataupun menginisiasi kerjasama baru baik dengan institusi dalam negeri dan luar negeri yang mampu memberikan kontribusi terhadap pengembangan lembaga dan atas dasar kebermanfaatan untuk seluruh civitas akademikn. Langkah tersebut juga sekaligus untuk memperkuat implementasi internationalization at home yang telah dicanangkan pada tahun 2019. “Meningkatkan kualifikasi akademik SDM dan menciptakan atmosfir akademik yang positif juga saya minta. Dosen yang masih S-2, harus didorong ke S-3. Selain itu, saya juga menyampaikan pesan kepada para dekan yang baru dilantik, untuk selalu dapat memberikan layanan yang prima kepada masyarakat dalam bentuk hadirnya instititusi dan civitas akademika di tengah-tengah masyarakat dalam penyelesaian persoalan yang timbul di masyakarat dan memberikan solusi penyelesaian, sehingga keberadaan Undiksha sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” jelasnya. Sementara itu, untuk pejabat struktural diminta untuk terus berinovasi mewujudkan program yang semakin baik sesuai dengan yang telah direncanakan. “Komunikasi perlu juga dijalin secara intensif. Harus bersama-sama membangun lembaga,” imbuhnya.

Usai pelantikan, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, I Ketut Gading mengaku siap melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan rektor. Dirinya pun berupaya untuk menjadikan fakultas semakin baik kedepannya, termasuk dalam upaya percepatan serapan lulusan di dunia kerja. Salah satu strategi yang ditawarkan, menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, sekolah negeri maupun swasta. “Kerjasama juga dengan industri. Dengan swasta. Kita undang untuk secara bersama-sama merancang kurikulum sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan,” imbuhnya. (hms)

 

Informasi Publik