Kuatkan Internationalization at Home, Rektor Undiksha Minta Dukungan Civitas Akademika

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menjadikan tahun 2020 sebagai penguatan program internationalization at home. Civitas akademika diminta untuk memberikan dukungan penuh melalui peningkatan kualitas layanan maupun kualitas diri. Demikian disampaikan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd disela-sela Krida, Jumat (27/12/2019).

Dijelaskan, program yang telah dicanangkan pada tahun 2019 itu diinginkan mampu menjadikan Undiksha sebagai rumah masyarakat internasional. Dukungan dari seluruh civitas akademika menjadi hal yang sangat penting. “Dengan program ini, pegawai, dosen harus bisa memberikan pelayanan yang baik. Harus menguasai bahasa asing, minimal Inggris. Supaya bisa komunikasi ketika ada mahasiswa asing yang bertanya,” tegasnya.

Menggenjot penguasaan bahasa asing, perguruan tinggi  terakreditasi A ini sudah menggulirkan program conversation dan speaking class yang bekerja sama dengan International Center of English Excellence (ICEE). “Program ini harus dimanfaatkan maksimal. Termasuk juga oleh mahasiswa,” ucap Rektor Jampel.

Selain internationalization at home, Rektor asal Nusa Dua ini juga menegaskan dalam visinya pada jabatan 2019-2023, Undiksha bisa menjadi trend setter university. Ini juga harus mendapat dukungan dari seluruh pihak, termasuk dalam percepatan mewujudkan visi Undiksha menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045. “Saya ingin Undiksha ini bisa jadi rujukan di Indonesia Timur maupun secara nasional. Bisa dalam keramah tamahannya, atau yang lainnya. Sekarang kita sudah banyak yang memberikan apresiasi,” sebutnya.

Hal demikian juga ditegaskan dalam pertemuan bersama Pusat Jaminan Mutu (PJM) di Gedung Seminar Umum (GSU) Undiksha, Kamis (26/12/2019). Perguruan tinggi dengan delapan fakultas ini sudah memiliki sembilan prodi terakreditasi A. Namun demikian, upaya peningkatan kualitas harus tetap dilakukan sehingga bisa semakin berdaya saing. “Saya apresiasi kinerja PJM yang sudah luar biasa. Untuk tahun 2020, tetap mohon dukungannya untuk menjadikan Undiksha semakin baik,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik
Indonesia