KMHD Undiksha Gelar Widya Sabha, Ajak Mahasiswa Pererat Kekeluargaan

Singaraja- Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Brahma Vidya (KMHD-YBV) Undiksha menggelar Widya Sabha, 14 dan 15 September 2019. Kegiatan yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa baru Undiksha yang beragama Hindu ini sebagai satu bagian dari pembentukan karakter.

Acara tahunan ini dikuti 2.107 mahasiswa berbagai program studi dengan mengusung tema “Vasudhaiva Kutumbakam” yang artinya “Kita Semua adalah Keluarga”. Pada 14 September dilaksanakan pembukaan kegiatan, mejaya jaya sekaligus sembahyang bersama. Koordinator Penasihat, Prof. Dr. I Made Sutama, M.Pd., mengharapkan mahasiswa baru harus mampu menjadi mahasiswa yang unggul dan bercirikan ke-Hinduan berdasarkan ajaran Bhagavad Gita di era revolusi 4.0.

Sementara itu, pada 15 September 2019 dilaksanakan dharma wacana dengan tema “Peran Generasi Muda Hindu dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” dengan narasumber Presiden World Hindu Parisad Dr. Made Mangku Pastika, M.M. Ia menyampaikan mahasiswa harus tetap menggunakan prinsip-prinsip ajaran Hindu dalam memimpin dan berkomunikasi yang mengedepankan susila serta beliau sangat berharap dengan materi yang telah disampaikan mahasiswa baru dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu ada pula narasumber, Rasa Acharya Prabhuraja Darmayasa dengan yang memabawakan materi dengan tema “Membudayakan Bhagavad Gita ala Millennial”. Ia menjelaskan, Bhagavad Gita yang memiliki manfaat yang sangat besar untuk umat Hindu. Hanya saja masih banyak yang belum memahami. “Kami harapkan mahasiswa Hindu Undiksha bisa memahami ini,” katanya.

Sebagai pengujung acara, diisi perkenalan dari KMHD yang meliputi Teruna Teruni KMHD, pengurus dan program kerja. Pada saat itu juga, I Wayan Santika sebagai Ketua KMHD YBV Undiksha mengharapkan setelah tergabung dalam organisasi ini, mahasiswa dapat berpartisipasi di setiap kegiatan sehingga KMHD sebagai organisasi kehinduan memang benar-benar bisa menjadi sebuah wadah dalam menjaga dan melestarikan seni budaya dan agama hindu itu sendiri, termasuk mempererat kekeluargaan. (rls/hms)

Informasi Publik