Jurnal Terakreditasi Sinta, Dosen Undiksha Kembali Diberikan Penghargaan

Pemberian penghargaan untuk akreditasi jurnal

Singaraja- Sejumlah dosen Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali diberikan penghargaan oleh Rektor, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., Selasa (17/12/2019). Hal tersebut dikarenakan jurnalnya telah memperoleh akreditasi Science and Technology Index (Sinta). Capaian tersebut diapresiasi karena mampu mendukung perankingan universitas, baik tingkat nasional maupun internasional.

Ketua Pusat Pengembang Jurnal Undiksha, Dr. I Wayan Widiana, S.Pd.,M.Pd., menjelaskan jurnal tersebut terdiri dari berbagai bidang, mulai dari ilmu pendidikan, sains, ekonomi maupun ilmu sosial. Dirinya yang juga turut memboyong penghargaan menjelaskan berdasarkan data terakhir per 16 Desember tahun 2019, tercatat sudah ada 56 jurnal yang masuk akreditasi Sinta. Hal tersebut menempatkan Undiksha diposisi kedua dari 12 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan posisi 41 secara nasional. Namun demikian, di luar jumlah tersebut sudah ada 30 jurnal yang sudah diusulkan mendapat sertifikasi. “Perkembangan akreditasi jurnal Undiksha terus meningkat. Paling banyak ada di Sinta lima. Kami tetap melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas,” katanya. Disampaikan lebih lanjut, jurnal tersebut sudah cukup banyak yang mangakses untuk mendukung studi. Hal yang sangat psoitif ini diharapkan menjadi motivasi bagi dosen untuk lebih banyak melahirkan karya.

Sementara itu, Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., mengatakan  melalui peningkatan publikasi jurnal akan menjadikan Undiksha semakin cepat dikenal, baik pada tingkat nasional maupun internasional. Oleh sebab itu, diharapkan perlu ada peningkatan kualitas hingga bisa masuk ke scopus. “Untuk yang sudah masuk sinta lima, bias naik ke sinta dua atau satu. Yang sudah sinta tiga atau dua, bisa ke scopus,” sebutnya.

Ia menambahkan, selain untuk menunjang pengembangan keilmuan, publikasi jurnal juga ditargetkan mampu menjadi income generating untuk universitas yang nantinya dapat mendukung pembangunan. “Jurnal itu bisa jadi income generating untuk Undiksha, karena akan banyak dicari oleh orang, dengan membayar,” imbuhnya. Pada pemberian penghargaan ini, juga dihadiri Kepala Seksi Jurnal Ilmiah Nasional, Yoga Dwi Ariadi, S.T. Ia juga sekaligus menyerahkan medali kepada Rektor Undiksha. (hms)

Informasi Publik
Indonesia