Implementasikan THK, FE Undiksha Bersihkan Sampah di Hutan Mangrove

FE Undiksha menggelar aksi peduli lingkungan di Hutan Mangrove, Suwung, Denpasar

Denpasar Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar aksi peduli lingkungan di kawasan hutan mangrove, Suwung, Denpasar, Jumat (11/10/2019). Kegiatan yang dirangkaikan dengan konferensi internasional ini sebagai bentuk implementasi Tri Hita Karana (THK).

Dekan FE Undiksha, Prof. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd.,menjelaskan perguruan tinggi tidak hanya fokus berkutat dengan bidang akademik. Tetapi juga memiliki kewajiban untuk turut menjaga lingkungan yang sangat penting untuk menopang kehidupan. “Hutan mangrove sangat penting fungsinya, salah satunya untuk pengaman pantai. Itu sebabnya kami turun melakukan aksi peduli lingkungan dengan membersihkan sampah,” jelasnya. Diakui, dalam aksi ini pihaknya tidak bisa membersihkan sampah secara keseluruhan. Diharapkan ada langkah gayung bersambut dari pihak lain untuk melanjutkannya. “Tentu pembersihan tidak bisa dilakukan hari ini saja. Harus berkelanjutan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I FE, Dr. Gede Adi Yuniarta, SE., M.Si., Ak., mengatakan aksi bersih-bersih ini melibatkan peserta International Conference on Tourism, Economic, Accounting, Management and Social Science (TEAMS) yang berlangsung di  Golden Tulip Jineng Resort, Kuta. “Kemarin dan hari ini ada konferensi internasional. Kami ambil waktu pagi untuk kegiatan peduli lingkungan,” terangnya.

Undiksha telah komitmen untuk menjaga eksistensi Tri Hita Karana. Falsafah itu juga menjadi landasan dalam mewujudkan visi sebagai universitas unggul di Asia pada tahun 2045. Atas hal tersebut, FE juga memiliki kewajiban untuk mengimpelentasikannya. “Peduli lingkungan ini impelemntasi dari Tri Hita Karana,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik