Hadapi Revolusi Industri 4.0, HMJ Matematika Galakkan Pembelajaran Berbasis Teknologi

Gema Lomba Matematika yang diselenggarakan HMJ Matematika Undiksha

Revolusi Industri 4.0 menjadi perhatian sivitas akademika Undiksha, termasuk Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Menghadapi itu, dilakukan inovasi pembelajaran matematika, salah satunya melalui video. Hal tersebut disosialisasikan dalam expo dari 12-16 Februari 2019 serangkaian Pekan Gema Matematika (PGM).

Ketua HMJ Matematika, I Kadek Sila Santriana menyampaikan revolusi industri 4.0 menjadi tantangan kedepan, khususnya untuk para lulusan Jurusan matematika. Oleh sebab itu perlu ada terobosan baru, salah satunya dalam bidang pembelajaran dengan sentuhan teknologi. Langkah tersebut juga untuk meningkatkan daya saing. “Hal kami lakukan untuk menghadapi itu dengan memberikan pembelajaran matematika menarik lewat video dan game yang dituangkan dalam teknologi. Ini sebagai bekal untuk generasi muda dalam menghadapi era revolusi industri 4.0,” jelasnya.

Ketua panitia kegiatan, Putu Indra Pradhana menjelaskan, selain expo, PGM juga diisi dengan Gema Lomba Matematika dengan peserta SD, SMP dan SMA/SMK se-Bali dengan total peserta 811 orang. Ajang ini tak hanya meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa, tetapi juga untuk lebih memperkenalkan jurusan matematika, termasuk Undiksha kepada masyarakat umum. “Kami berharap kegiatan ini memberikan dampak positif untuk peserta dan juga kampus,” sebutnya. Ditambahkan, pada puncak kegiatan tahunan ini juga diisi dengan Gema Kreasi Matematika (GMK). “Mahasiswa akan menampilkan kreasi. Ini juga untuk menunjukkan minat dan bakat,” imbuhnya. (hms)

 

Informasi Publik