Gelar Workshop, FE Undiksha Tingkatkan Wawasan Bidang Perpajakan

Singaraja- Upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia pada Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus dilakukan. Salah satunya dalam bidang pelaporan perpajakan. Hal tersebut ditunjukkan melalui workshop, Jumat (13/12/2019).

Workoshop yang berlangsung di Auditoritum Undiksha ini diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Akuntasi yang bekerjasama dengan Tax Center Fakultas Ekonomi Undiksha dan Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Bali. Pesertanya mencapai seratusan orang yang merupakan mahasiswa ekonomi dan akuntansi, alumni, perusahaan dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Buleleng. “Materi yang diberikan berkaitan dengan pelaporan SPT, termasuk untuk usaha mikro, kecil dan menengah. Kami berharap ini memberikan manfaat yang positif tidak hanya untuk mahasiswa, tetapi juga masyaraat umum dalam pelaporan,” jelas Ketua Tax Center FE Undiksha, I Nyoman Putra Yasa, S.E.,M.Si.,BKP.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Bali, Dian Anggraeni, S.E.,M.Si., dan Account Representative KPP Singaraja, Candra Prasetya. Materi yang diberikan diharapkan mampu meningkatkan wawasan peserta. “Ini adalah ajang praktek, khususnya untuk mahasiswa,” imbuhnya.

Wakil Dekan I FE Undiksha Dr. Gede Adi Yuniarta, SE., M.Si., Ak.,usai membuka acara menyampaikan workshop ini sebagai salah satu strategi untuk mengenalkan kepada mahasiswa maupun masyarakat umum tentang implementasi teori bidang perpajakan. “Kali ini mendatangkan praktisi. Ini penting karena untuk memberikan wawasan untuk mahasiswa. Kalau belajar di kelas saja tidak cukup. Ini juga untuk mendekatkan mahasiswa dengan user atau pengguna, menetralkan teori dan praktek. Ini yang perlu didapatkan oleh mahasiswa,” terangnya.

Upaya peningkatan kompetensi pada mahasiswa, sambungnya pada 2020 akan banyak yang terlibat dalam sosialisasi kesadaran pajak, pelaporan pajak oleh masyarakat yang tersebar di Kabupaten Buleleng, Karangasem dan Jembrana. “Ada juga yang membantu di kantor perpajakan. Kami ingin melaui langkah ini, kompetensi mahasiswa semakin meningkat,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik