Gelar Seminar Nasional, FK Undiksha Bahas Kesehatan Ibu dan Anak di Masa Pandemi

Singaraja- Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (FK-Undiksha) menyelenggarakan seminar nasional, Senin (29/11/2021). Acara ini membahas tentang kesehatan ibu dan anak di masa pandemi Covid-19.

Ketua Panitia, dr. Indra Purnomo, M.Kes., menjelaskan seminar yang berlangsung melalui daring ini diikuti seribuan peserta yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia. Peserta tersebut ada dari instansi pemerintahan, perguruan tinggi, maupun khalayak umum. Ia menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan sehat, di samping sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Ibu dan anak memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan dan keberlanjutan bangsa. Karena itu kesehatannya perlu mendapatkan perhatian, khususnya di tengah pandemi,” jelasnya.

Kegiatan ini dibuka Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. Ia menilai tema yang diangkat sangat bagus dan sangat tepat diadakan di tengah pandemi Covid-19, mengingat kesehatan ibu dan anak cukup rentan terganggu. Selain itu, kegiatan ini untuk menyambut bonus bonus demografi Indonesia tahun 2030. “Maka dari itu anak-anak harus sehat,” tegasnya.

Diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan berkelanjutan dan menjangkau masyarakat semakin luas dan topik yang diangkat dapat semakin beragam. Pada kesempatan itu, FK Undiksha juga didorong untuk dapat melakukan penelitian tentang kesehatan yang nantinya dapat dijadikan bahan kajian oleh pemerintah dalam perumusan kebijakan maupun oleh universitas dalam pengembangan program kedepan. Tidak kalah penting lagi, fakultas yang berdiri pada tahun 2018 ini juga diminta semakin gencar melakukan pengabdian kepada masyarakat, sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun Tri Hita Karana dalam hal pawongan, yaitu menjalin hubungan baik antarsesama. “Terkait dengan topik kali ini, diharapkan FK bisa melakukan penelitian terkait pandemi agar kita bisa memahami dan memberikan solusi,” katanya.

Seminar ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi FK Universitas Udayana, dr. Ryan Saktika Mulyana, M.Biomed., Sp.OG(K)-KFM., Dosen Poltekkes Kemenkes Denpasar, Dr. Ni Nyoman Budiani, S.Si.T., dan Dokter Spesialis Anak dari FK Universitas Udayana, dr. Ayu Setyorini M. Mayangsari, M.Sc, SpA(K). (hms)

Informasi Publik