Garap Pengembangan Area Segmentation pada Drone Agriculture, Mahasiswa Undiksha Raih Juara II di Gemastik

Singaraja- Prestasi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dari ajang Gemastik Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) XIV 2021 tidak hanya dipersembahkan oleh tim dari divisi pengembangan game dengan karya “game calonarang”, tetapi juga divisi Karya Tulis Ilmiah TIK yang meraih juara II.

Tim terdiri atas Ida Bagus Yudha Wirawan dari prodi Pendidikan Teknik Informatika, Putu Andika Eka Putra dari Prodi Ilmu Komputer dan Nyoman Dewi Ratna Iswara dari Prodi Sistem Informasi. Yudha Wirawan sebagai ketua tim menjelaskan pada ajang yang berlangsung dari 1 Juni sampai  7 Oktober 2021, ditampilkan sebuah karya berupa Pengembangan Area Segmentation pada Drone Agriculture berbasis metode Deep Learning. “Kami melihat kondisi terkini pada pertanian di Indonesia sudah mulai beranjak ke arah pertanian modern dengan adanya penerapan penggunaan drone untuk melakukan penyiraman pestisida,” ungkapnya, Selasa, (12/10/2021). 

Ditambahkan, penggunaan drone dalam penyiraman diharapkan dapat memudahkan pekerjaan para petani. Akan tetapi drone yang saat ini digunakan masih memiliki kekurangan karena hanya menerapkan sistem GPS. “Penelitian ini hadir untuk mengatasi kelemahan sistem drone yang sudah ada dengan menerapkan konsep pengolahan citra dan deep learning,” sambungnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Gus Yudha ini menerangkan butuh waktu sekitar lima bulan untuk mempersiapkan karya tersebut. Kelancarannya tidak terlepas dari dukungan dari seluruh pimpinan lembaga Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), para dosen, serta bimbingan dari dosen pembimbing Dr. I Made Gede Sunarya, S.Kom.

Diceritakan olehnya, jika pada awalnya mereka tidak menyangka bisa memenangkan lomba tersebut, mengingat peserta yang mengikuti ajang tersebut berasal dari 235 perguruan tinggi ternama di Indonesia, jadi tak heran rasa senang dan bangga menyelimuti mereka. “Kami merasa sangat senang dan bangga karena berkesempatan untuk merasakan menjadi pemenang Gemastik XIV Divisi Karya Tulis Ilmiah TIK,” ujarnya. Keikutsertaan Gus Yudha beserta tim dalam kompetisi tentunya  untuk mengasah diri dan menambah pengalaman sehingga bisa terpacu lagi untuk mengikuti ajang-ajang sejenis lainnya. Diharapkan apa yang dilakukan olehnya ini dapat memotivasi dan menginspirasi mahasiswa Undiksha lainnya untuk tidak takut mengikuti perlombaan guna mengembangkan potensi yang ada dalam diri sekaligus mengharumkan nama Undiksha.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., memberikan apresiasi atas Raihan prestasi ini. Menurutnya itu adalah sebuah kebanggaan yang bisa berkontribusi dalam meningkatkan daya saing universitas, baik tingkat nasional maupun internasional. “Ini capaian yang luar biasa. Semoga kedepan Undiksha semakin berprestasi,” ucapnya saat menjadi pembina apel rutin. (hms)

Informasi Publik