Garap Media Pembelajaran Kelistrikan, Tim Undiksha Sabet Medali Emas Di Ajang Internasional

Tim Undiksha yang berhasil meraih medali emas di ajang Expo CU-OCIIP Creativity & Innovation The Pathway To Sustainable Development 2021.

Singaraja- Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha silih berganti menorehkan prestasi tingkat internasional. Kali ini datang dari ajang Expo CU-OCIIP Creativity & Innovation The Pathway To Sustainable Development 2021 yang berlangsung di Nigeria. Pada ajang tersebut tim Undiksha terdiri atas Gede Sandita Widiada dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Kadek Reda Setiawan Suda yang merupakan alumni Pendidikan Teknik Elektro, Ni Putu Ayu Yuli Sumadianti Prodi S-1 Akuntansi, Andi Prasetya dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan Luh Putu Restu Adi Utami dari Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Inggris.

Gede Sandita Widiada selaku perwakilan tim menjelaskan, pada ajang tersebut mereka menampilkan karya yang berjudul “TESISS: Electrical Instalation Trainer Inbow Portable” yang merupakan media pembelajaran untuk bidang kelistrikan. Bentuknya yang portable atau berukuran kecil tanpa mengurangi pembelajaran dasar bagi peserta didik sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, skema kelistrikan juga tergambar jelas pada papan akrilik. “Kami juga menyediakan buku panduan penggunaan media pembalajaran ini,” ungkapnya Minggu, (3/10/2021).

Mahasiswa kelahiran Banyuning, Buleleng ini menambahkan pembuatan karya ini berdasarkan adanya hambatan pada praktikum siswa, salah satunya akibat kerusakan komponen kelistrikan atau hilang. Selain itu juga komponen kelistrikan selama ini sifatnya modular, sehingga membutuhkan media pembelajaran terintegrasi yang sifatnya reuse. Hal lainnya lagi, adanya penurunan minat belajar siswa karena  pembelajaran lebih banyak berfokus pada teori. “Karena adanya permasalahan tersebut, sehingga dibutuhkan suatu inovasi media pembelajaran yang dapat menggugah semangat belajar peserta didik,” tambahnya.

Berkat karya yang mereka buat, tim Undiksha berhasil meraih Medali Emas (Gold Medal) dalam ajang tersebut setelah bersaing dengan peserta yang berasa dari 28 negara, mulai dari benua Asia, Eropa, bahkan benua Amerika. Mahasiswa kelahiran 1999 ini mengakui keberhasilan meraih prestasi tidak terlepas dari persiapan yang dilakukan selama sebulan dan juga dukungan segenap pimpinan Universitas Pendidikan Ganesha dan juga bimbingan dari Dr. Nyoman Santiyadnya, S.Si., M.T. Melalui prestasi yang berhasil didapatkan pada ajang yang berlangsung dari tanggal 25 Agustus-30 September 2021 ini, tentu ada kebanggaan tersendiri bagi tim karena sudah bisa mengharumkan nama Undiksha di tingkat Internasional. “Tidak lupa kami bersyukur kepada tuhan karena berkat dan Rahmat-NYA kita bisa sampai disini, semangat dari tim dan sikap saling percaya kepada tim,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., memberikan apresiasi raihan prestasi ini. Demikian juga untuk semangat para mahasiswa maupun dosen pembimbing. “Ini sangat membanggakan. Kami sangat apresiasi. Semoga kedepan semakin banyak mahasiswa yang berhasil meraih prestasi lagi,” katanya. Disampaikan lebih lanjut, prestasi sangat penting untuk mendukung pemeringkatan universitas maupun dalam rangka mempercepat mewujudkan visi Undiksha “Menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia pada Tahun 2045” maupun untuk meningkatkan daya saing mahasiswa. (hms)

Informasi Publik