parallax background

Pengaruh Anxiety/Kecemasan Terhadap Imunitas Tubuh Ibu Hamil Saat Pandemi Covid-19

Deskripsi Singkat:

Topik ini akan membahas tentang bagaimana pengaruh dari anxiety (kecemasan) yang khsusunya dialami oleh ibu selama kehamilan terhadap imunitas tubuh dari ibu hamil tersebut. Saat masa pandemi covid-19 ini ibu hamil diketahui banyak yang merasa cemas dan khawatir terkait bagaimana kondisi kesehatan dirinya dan juga janin yang dikandungnya, terutama saat virus covid-19 ini mulai mewabah dengan sangat cepat dan dapat menyerang siapa saja yang tidak melakukan social serta pysical distancing dengan baik sesuai anjuran pemerintah beserta WHO. Ibu hamil biasanya akan merasakan kecemasan terutama menginjak masa persalinannya namun saat ini di masa pandemi ini ibu hamil akan cenderung merasa cemas terkait bagaimana dengan keadaan janinnya, apakah sudah aman atau tidak dari pengaruh virus covid-19. Ibu hamil selain bertanggung jawab terhadap imunitas tubuhnya sendiri juga menopang dan bertanggung jawab terhadap antibodi atau sistem imun dari janin yang dikandungnya.

Dalam topik ini juga akan membahas terkait dampak kecemasan pada kesehatan dan janinnya, tips dan trik menghindari kecemasan saat hamil dan kiat-kiat mencegah infeksi virus covid-19 pada ibu hamil. Oleh karena itu untuk mengetahui itu semua, bapak/ibu sekalian saya harapkan dapat mengikuti kuliah ini. Kuliah ini dapat diikuti oleh siapa saja terlebih oleh ibu hamil ataupun pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan serta tidak menutup juga materi ini sangat bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa/ mahasiswi kesehatan terutama dalam bidang kebidanan dan keperawatan yang nantinya akan terjun ke masyarakat sebagai profesi bidan maupun perawat yang profesional sesuai dengan kompetensi yang dimiliki tersebut.

Jadwal Kegiatan: Rabu, 01 Juli 2020

Jam Pelaksanaan: Jam 09.00 – 10.00 wita

 


Luh Ari Arini, S.ST., M.Biomed.

Dosen Undiksha


Saya adalah staf dosen di prodi d3 kebidanan jurusan ilmu olahraga dan kesehatan, fakultas olahraga dan kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha. Bidang keilmuan saya adalah ilmu biomedik dengan konsenterasi ilmu kedokteran reproduksi, dan latarbelakang pendidikan saya semenjak d3 dan d4 adalah kebidanan. Saya juga merupakan anggota profesi dari ikatan bidan indonesia/ IBI cabang Buleleng dan keanggotaan dalam asosiasi institusi pendidikan kebidanan indonesia/ AIPKIND.

Form Pendaftaran