English For Specific Purposes: Pengenalan dan Kebermanfaatan ESP Dalam Era Globalisasi

Deskripsi Singkat:

Hutchinson dan Waters (1994) berpendapat bahwa pembelajaran English for specific purpose (ESP) merupakan pendekatan pembelajaran Bahasa Inggris dimana hal-hal yang diajarkan serta metode pengajarannya didasarkan pada alasan mengapa pembelajar tersebut ingin belajar Bahasa Inggris. Dapat disimpulkan bahwa, ESP atau Bahasa Inggris untuk tujuan khusus adalah suatu pendekatan dalam pengajaran dan penggunaan Bahasa Inggris untuk bidang dan kajian khusus yang sesuai dengan kebutuhan bidang ilmu dan profesi pengguna Bahasa Inggris tersebut. Bidang ilmu dan profesi tersebut misalnya Bahasa Inggris untuk ilmu hukum, kedokteran, pisikologi, teknik , ekonomi dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan untuk menyiapkan pembelajar untuk mengunakan Bahasa Inggris baik untuk tujuan akademik, professional atau lingkungan kerja, dan perancangan program berdasarkan analisis kebutuhan. Robinson (1990) selanjutnya mengatakan bahwa ada tiga ciri utama ESP yaitu 1) ESP adalah pembelajaran yang berorientasi tujuan (goal oriented). Dalam konteks ini, pembelajar belajar Bahasa Inggris bukan karena alasan ingin tahu bahasa itu sebagai bahasa dan budaya yang terkandung di dalamnya, tetapi pembelajar belajar ESP karena memiliki tujuan khusus, tertentu dan spesifik dalam bdang akademik dan profesi yang satu dengan yang lainnya. 2) Substansi ESP dirancang dan dikembangkan berdasarkan konsep analisis kebutuhan (need analysis). Konsep analisis kebutuhan bertujuan untuk mengkhususkan dan mengkaitkan serta mendekatkan apa yang dibutuhakan pembelajar baik dalam bidang akademik maupun profesi. 3) ESP lebih ditujukan pada pembelajar dewasa dari pada anak atau remaja karena ESP umumnya diajarkan pada tingkatan akademik menengah dan profesional kerja. Melihat pengertian dan karakteristik pembelajaran ESP, banyak manfaat yang akan didapat oleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran tersebut.

Jadwal Kegiatan: Senin, 29 Juni 2020

Jam Pelaksanaan: Jam 14.00 – 15.00 wita 


Putu Adi Krisna Juniarta, S.Pd., M.Pd.

Dosen Undiksha


Nama saya adalah Putu Adi Krisna Juniarta dengan gelar master Pendidikan Bahasa Inggris yang bertugas sebagai dosen pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha. Dalam mengemban tugas sebagai dosen, saya melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang pembelajaran, saya mengampu mata kuliah language skills yang meliputi writing, listening, reading, dan speaking. Di samping itu, saya juga melaksanakan pembelajaran untuk mata kuliah intro to ESP dan mata kuliah ESP yang lebih spesifik seperti English for Hotel Accomodation, English for tourism, dan English for tour and travel. Berbekal pengetahuan yang saya miliki, saya juga sudah melaksanakan beberapa penelitian yang berhubungan dengan pendidikan bahasa Inggris dengan luaran berupa artikel yang terpublikasi dalam jurnal maupun prosiding ilmiah sebagai salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal tersebut ditambah juga dengan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu yang saya miliki seperti pengabdian masayarakat kepada kelompok masyarakat pengelola wisata dan juga kelompok guru pengajar bahasa Inggris di sekolah menengah dan sekolah dasar. Kegiatan-kegiatan yang sudah saya laksanakan belumlah sempurna yang harus ditingkatkan ke depannya diiringi dengan peningkatan pengetahuan dan kemampuan yang saya miliki. Semoga apa yang sudah saya laksanakan bermanfaat bagi masyarakat baik dalam bidang pendidikan maupun bidang yang lain.