Dilantik, Wakil Dekan FE Undiksha Diminta Jawab Tantangan dan Peluang

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., melantik Wakil Dekan Fakultas Ekonomi periode 2020-2024 di Ruang Ganesha III Rektorat, Jumat (7/8/2020).

Singaraja- Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., melantik Wakil Dekan Fakultas Ekonomi periode 2020-2024 di Ruang Ganesha III Rektorat, Jumat (7/8/2020). Wakil Dekan Bidang Akademik dijabat Dr. Dra. Ni Made Suci, M.Si., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan dijabat Dr. I Putu Gede Diatmika, S.E.,Ak.,M.Si, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dijabat Gede Putu Agus Jana Susila, S.E.,MBA.

Dalam arahannya, Rektor Jampel menyampaikan proses suksesi Dekan dan pemilihan Wakil Dekan di Fakultas Ekonomi telah berjalan dengan baik dan lancar. Itu artinya konsep kebersamaan, keharmonisan yang dilandasi falsafah Tri Hita Karana yang digaungkan selama ini telah terimplementasi dalam setiap langkah dan aktivitas. “Saya mohon kita tetap menjaga kondusifitas, kebersamaan, dan selalu bergandengan tangan dalam keharmonisan,” ungkapnya.

Pejabat baru ini diminta untuk melanjutkan program-program yang masih tertunda dan membangun iklim akademik yang lebih baik, dan terus mendorong seluruh sivitas akademika untuk menghasilkan karya-karya penelitian dan inovasi terbaik. Undiksha adalah institusi akademik, Menurut Rektor Jampel sudah sepatutnya menonjolkan prestasi akademik. “Semoga karya-karya maupun inovasi yang dihasilkan oleh sivitas akademika Undiksha dapat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” katanya. Hal tersebut sangat diperlukan dalam rangka peningkatan perolehan publikasi baik nasional maupun internasional guna mendukung tercapainya daya saing lembaga atau bangsa ini, serta sangat berpengaruh terhadap ranking klasterisasi perguruan tinggi. “Kita harus bisa menjaga komitmen dan bekerjasama untuk mewujudkan visi Undiksha menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia tahun 2045. Saya juga memohon dukungan dari semua pihak untuk bersinergi dalam membangun lembaga ini,” harap Rektor asal Nusa Dua, Kabupaten Badung ini.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada I Putu Gede Parma, S.St.Par., M.Par., atas dedikasi, komitmen, dan pencapaian kinerjanya sebagai Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan periode 2016-2020. “Saya berharap kedepan dapat terus mendukung pembangunan di Fakultas Ekonomi,” ucapnya.

Disampaikan lebih lanjut, dalam pembangunan universitas, terdapat sejumlah tantangan dan peluang yang harus dihadapi dan dijawab. Tantangan tersebut antara lain, 1) Mempertahankan ataupun meningkatkan akreditasi Undiksha, termasuk masing-masing program studi menuju akreditasi unggul atau terakreditasi internasional. 2) Penguatan dan peningkatkan kualitas tata kelola lembaga yang lebih efektif dan efisien; 3) Penguatan dan peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta publikasi ilmiah, baik di jurnal internasional terindeks maupun jurnal nasional terakreditasi. 4) Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing. 5) Meningkatkan peran serta mahasiswa dalam kompetisi-kompetisi berskala nasional maupun internasional. 6) Mengoptimalkan kerjasama yang sudah terbangun ataupun menginisiasi kerjasama baru baik dengan institusi dalam negeri dan luar negeri yang mampu memberikan kontribusi terhadap pengembangan lembaga dan atas dasar kebermanfaatan untuk seluruh civitas akademika. 7) Meningkatkan kualifikasi akademik SDM dan menciptakan atmosfir akademik yang positif, dan 8) Mengoptimalkan peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mendukung operasional dan pengelolaan universitas. “Saya juga ingin fakultas ini selalu dapat memberikan layanan yang prima kepada masyarakat dalam bentuk hadirnya instititusi dan sivitas akademika di tengah-tengah masyarakat dalam penyelesaian persoalan-persoalan sehingga keberadaan Undiksha sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat secara luas,” imbuh Rektor Jampel.

Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Gede Adi Yuniarta, S.E.,Ak.,M.Si., mengatakan usai pelantikan wakil, pihaknya langsung merapatkan barisan untuk merealisasikan program yang telah dirancang. Ia menegaskan komitmen untuk menjalankan target-target yang diberikan oleh Rektor. Termasuk dalam kaitannya membangun kerjasama pada tingkat internasional. “Universitas ini diinginkan bisa unggul di Asia. Tentu arah kerjasama yang kami lakukan arahnya ke internasional,” jelasnya. (hms)

Informasi Publik