Bertemu Mahasiswa Afirmasi, Rektor Undiksha Harapkan Bisa Jadi Agen Pembangunan

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memiliki puluhan mahasiswa Afirmasi. Mahasiswa berbagai program studi itu diharapkan bisa menjadi generasi yang mampu berkontribusi dalam menyukseskan pembangunan  nasional. Demikian disampaikan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., saat pertemuan di Ruang Ganesha III Rektorat, Rabu (4/9/2019).

Ia yang didampingi Wakil Rektor III, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., menjelaskan mahasiswa dari berbagai daerah ini, seperti Jawa dan Papua harus terus meningkatkan kualitas diri, mampu mengikuti pendidikan sesuai ketentuan. Ditegaskan, sudah ada mahasiswa dari program sama dapat menorehkan prestasi gemilang. Hal itu diharapkan dapat dikuti. “Mahasiswa Afirmasi tidak kalah. Ada yang dapat IPK tinggi,” tegasnya.

Disampaikan lebih lanjut, dalam mengenyam pendidikan, mahasiswa itu juga diminta tidak hanya fokus pada bidang akademik. Namun juga membekali diri dengan soft skill yang sangat penting dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Era yang mengalami perubahan sangat cepat dan sulit untuk diprediksi. “Kemampuan harus terus diasah. Berapa yang masuk, keluarnya juga harus segitu,” katanya.

Undiksha terus menggaungkan falsafah Tri Hita Karana. Yakni mengajak seluruh civitas akademika untuk menjalin hubungan baik dengan tuhan, dengan sesama, dan dengan lingkungan. Mahasiswa ini juga diharapkan bisa mengimplementasikannya. “Suasana di Undiksha sudah sangat kondusif. Barangkali ini karena diilhami oleh Tri Hita Karana. Sudah merasuk ke sukma,” ungkapnya. Rektor asal Nusa Dua, Kabupaten Badung ini menambahkan perhatian terhadap mahasiswa itu juga diberikan secara serius. Demikian juga dengan pendampingan berjalan secara rutin. “Setiap tiga bulan ada pertemuan,” imbuhnya. (hms)

Informasi Publik