Berikan Penghargaan, Undiksha Ajak Mahasiswa dan Dosen Kejar Prestasi Internasional

Singaraja– Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memberikan perhatian terhadap mahasiswa dan dosen berprestasi bidang penalaran, minat, dan bakat. Perguruan tinggi terakreditasi unggul ini memberikan penghargaan, Senin (22/11/2021). Langkah ini juga sebagai motivasi bagi civitas akademika untuk terus semangat berprestasi, khususnya tingkat internasional.

Penghargaan tersebut secara khusus diberikan bagi peraih prestasi tahun 2020. Prestasi dari mahasiswa terdiri atas berbagai kompetisi, baik tingkat nasional maupun internasional. Bentuknya pun beragam, mulai dari karya tulis, inovasi, bussinese plane, informasi teknologi, olahraga, seni budaya, dan sebagainya. Selain itu ada pula dari ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D). Sementara itu, khusus untuk dosen, penghargaan diberikan atas perannya sebagai pembimbing. Penghargaan istimewa juga diberikan kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., atas komitmen membangun Undiksha melalui program kemahasiswaan.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan pemberian penghargaan ini sebagai wujud Undiksha memberikan motivasi kepada mahasiswa dan dosen pembimbing untuk bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi-prestasi yang telah diraih. “Penghargaan yang diberikan saat ini juga ada bantuan. Tapi bantuan tersebut tidak sebanding dengan apa yang sudah mereka lakukan. Saya yakin adik-adik mahasiswa, dosen pembimbing para dosen dan Warek III tidak melihat berapa yang mereka dapat, tetapi seberapa komitmen lembaga memberikan penghargaan, memberikan pengakuan atas prestasi yang dicapai,” katanya didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat semakin mengangkat semangat semua stake holder Undiksha untuk terus berjuang, terus bekerja bekerja cermat dan berani mengikuti kompetisi-kompetisi baik nasional maupun Internasional. Saat ini, torehan prestasi Undiksha di tingkat nasional dianggap sudah luar biasa dan membanggakan. Kampus yang akan menginjak dies natalis ke-29 ini berada di ranking 23 untuk Sistem Pemeringkatan Program Kemahasiswaan (Simkatmawa) dan juga peringkat 7 Indikator Kinerja Utama (IKU ) dari 33 perguruan tinggi Badan Layanan Umum (BLU). “Kalau hitung-hitung, kita berada di peringkat 23 nasional karena di atas layanan umum, ada perguruan tinggi badan hukum. Itu merupakan prestasi yang luar bisa. Selain itu juga ada Gemnastik. Itu menurut saya wajar kita harus berpikir ke Internasional, karena di tahun 2020, 2019 kita sudah banyak mengumpulkan prestasi Internasional,” ucap Jampel.

Prestasi tersebut, sambungnya sangat penting dalam rangka mewujudkan cita-cita besar Undiksha menjadi International Reputable University in Education and Leadership maupun mempercepat mewujudkan visi menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045. “Itu artinya kita harus bergerak secara Internasional untuk mewujudkan visi Undiksha, menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Pada Tahun 2045. Ini (prestasi, red) merupakan gerak langkah yang dilakukan untuk bisa mencapai visi Undiksha lebih cepat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, rektor yang sempat menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha ini juga mengajak mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensi dalam rangka menghadapi persaingan di era revolusi industri 4.0. Selain itu civitas akademika juga diajak untuk selalu menjaga keharmonisan yang dibingkai oleh falsafah Tri Hita Karana. “Keharmonisan sangat penting untuk membangun lembaga. Ini yang saya harapkan dapat terus dijaga oleh civitas akademika,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik