BEM-REMA Undiksha Gagas Desa Binaan, Wujud Dukungan Tingkatkan Pembangunan

BEM-REMA Undiksha menggelar kegiatan peduli lingkungan serangkaian dengan pelaksanaan desa binaan di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Singaraja- Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa (BEM-REMA) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memberikan dukungan terhadap pembangunan Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Desa yang berada di Buleleng Barat ini dijadikan sebagai desa binaan. Kegiatan yang dilaksanakan tidak lagi terbatas pada konservasi lingkungan, tetapi diperluas ke pemberdayaan masyarakat.

Pembukaan desa binaan ini berlangsung, Sabtu (2/10/2021) di desa setempat. Pada kesempatan itu, Presiden Mahasiswa Republik Mahasiswa Undiksha, Kadek Andre Karisma Dewantara menyampaikan program ini merupakan program terbaru yang diinisiasi oleh BEM-REMA di Desa Sumberkima yang akan dilaksanakan dari Oktober sampai Desember 2021. Terdapat sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya pendidikan dan pengajaran untuk akan sekolah alam, konservasi lingkungan, maupun kegiatan sosial. “Kegiatan sebelumnya yang sudah dilaksanakan ada penanaman mangrove,” jelasnya.

Disampaikan lebih lanjut, Desa Sumberkima memiliki potensi yang kompetitif, khususnya dalam sektor pariwisata. Desa ini memiliki Gili Putih, Bukit Sumberkima, dan keindahan bawah laut. Hal tersebut dinilai perlu untuk terus dikembangkan dengan harapan dapat berimbas pada peningkatan kesejahteraan desa. Program desa binaan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini menambahkan kegiatan ini juga untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat dalam rangka turut memecahkan persoalan yang ada.

Kepala Desa Sumberkima, I Nengah Wirta memberikan apresiasi atas program yang digulirkan BEM-REMA Undiksha. Diharapkan program yang dilaksanakan menyentuh banyak aspek, mulai dari lingkungan, pendidikan dan ekonomi. “Karena di desa Sumberkima ini kan kita ketahui menjadi desa yang berkembang, tetapi kadang kala SDM masih ada yang kurang. Ini perlu dipersiapkan dalam rangka mendukung pembangunan desa yang semakin maju,” jelasnya. Disampaikan lebih lanjut, pemerintah desa terus berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM, salah satunya meningkatkan partisipasi pendidikan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., juga memberikan apresiasi atas program ini karena relevan dengan program merdeka belajar dan kampus merdeka. Ia berharap program ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat maupun desa. “Potensi desa ini sangat luar biasa, ada pariwisata, lingkungan alam dengan mangrove yang cukup luas. Begitu juga nanti SDM disini perlu ditingkatkan. Peningkatan ekonomi masyarakat juga perlu dilakukan,” jelasnya.

Pelaksanaan program ini diharapkan dapat dalam waktu yang lebih panjang sehingga nantinya dapat dikonversikan dengan satuan kredit semester (SKS) perkuliahan. Pelaksanaannya juga diharapkan dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait. “Kolaborasi bisa dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan bentuk kegiatan. Misalnya tentang peningkatan kesadaran hukum, bisa dengan dosen di Ilmu Hukum. Undiksha kan punya. Begitu juga dengan yang lain. Saya ingin program ini dapat dilanjutkan,” imbuhnya. (hms)

Informasi Publik