Asah Pengalaman Kerja Mahasiswa, Undiksha Kembali Gulirkan SEP

Penandatanganan SK oleh Mahasiswa Undiksha yang mengikuti program SEP tahun 2021, Kamis (18/3/2021)

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada tahun 2021 kembali menggulirkan student employment program (SEP). Program ini untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengenal dunia kerja sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing.

Pada program ini direkrut 12 mahasiswa. Jumlah tersebut sesuai dengan analisis kebutuhan yang dilakukan bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Undiksha. Mahasiswa ini mendapat tugas yang tersebar di bagian keuangan, bagian keolahragaan, bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan bagian kehumasan.

Kepala Biro Umum dan Keuangan Undiksha, Ni Luh Wayan Yasmiati, S.H., saat memberikan arahan, Kamis (18/3/2021) menjelaskan program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengenal dunia kerja yang nantinya akan digeluti ketika sudah selesai menempuh pendidikan di perguruan tinggi. “Melalui ini, mereka akan mendapat pengalaman lebih awal,” jelasnya.

Melalui program ini pula, mahasiswa dari berbagai program studi ini diharapkan dapat meningkatkan disiplin dalam mengatur skala prioritasnya antara studi dengan persiapannya sebagai tenaga kerja. “Harapan kami bahwa jangan sampai keikutsertaan mahasiswa dalam program ini, studinya menjadi terhambat. Justru kami ingin mereka belajar mengatur, mengelola waktu sehingga studinya bisa selesai lebih cepat,” tegasnya.

Mahasiswa ini akan mengikuti program hingga Desember 2021 dengan maksimal bekerja 6 jam per hari dan besaran penghargaan yang diberikan sesuai dengan standar biaya umum perguruan tinggi. “Masalah kita bukan enam jamnya itu. Namun lebih dari itu, mahasiswa bisa optimal mengenal dunia kerja.” jelasnya. Keikutsertaan mahasiswa dalam program yang baru bergulir sejak tahun 2020 ini diawali dengan seleksi secara ketat dengan melibatkan tim independen. Seleksi dilaksanakan secara online, transparan.

Salah satu mahasiswa, Kadek Dwi Yantini Putri mengatakan keikutsertaan dalam program ini salah satunya untuk mendapatkan pengalaman dunia kerja, disamping untuk mendapatkan penghasilan tambahan. “Saya juga ingin mengetahui apakah teori yang didapatkan saat kuliah  sama dengan prakteknya di dunia kerja. Dari ini nantinya dapat lagi mengembangkan keilmuan,” tuturnya. (hms)

 

Informasi Publik
Indonesia