Angkat Olahan Kulit Ikan Tuna, Mahasiswa Undiksha Raih Juara di Ajang Business Plan

Tim Undiksha yang meraih juara di ajang Business Plan Food Creation National Competition.

Singaraja- Prestasi mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di tengah pandemi Covid-19 terus bermunculan. Kali ini datang dari ajang “Business Plan Food Creation National Competition” yang diselenggarakan oleh Departemen Teknologi Hasil Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berlangsung pada 5 April hingga 3 Juli 2021. Tim Undiksha yang terdiri atas Kelly Aurora Siregar dari Jurusan Perikanan dan Kelautan, Theresia Putri dari Jurusan Perikanan dan Kelautan, dan Putu Dany Indrawan Sidhi dari Jurusan Ekonomi dan Akuntansi berhasil meraih juara II.

Dalam lomba yang diikuti 48 tim dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, tim Undiksha menampilkan produk Skerupuk “Millenials Air Frying Tuna Skin Crackers Suna Cekuh Flavor with Mentai Saos”. Dany Indrawan Sidhi selaku perwakilan tim mengatakan produk yang di buat merupakan olahan kerupuk kulit ikan tuna yang dipadukan dengan cita rasa lokal khas Bali, yaitu suna cekuh (bawang putih dan kencur) dan cita rasa interlokal dari saos mentai. Pembuatan produk ini karena bagian kulit ikan masih sering diabaikan, padahal sebenarnya memiliki kandungan protein yang tidak kalah dengan bagian ikan lainnya. “Pembuatan produk ini didasari atas dasar kepedulian terhadap eksistensi kulit ikan tuna yang hingga sekarang masih minim pemanfaatan. Bahkan, tak jarang hasil samping dari pengolahannya berakhir menjadi limbah yang dapat mencemari lingkungan. Padahal, bagian kulit dari ikan tuna itu sendiri memiliki kandungan protein yang tidak kalah dengan bagian tubuh lainnya,” ujarnya.

Mahasiswa yang saat ini duduk di semester IV ini menambahkan persiapan yang dilakukan untuk mengikuti ajang ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan terhitung dari penyusunan summary, proposal, hingga pembuatan produk. Dalam proses pembuatannya, digunakan metode air frying untuk meminimalkan penggunaan minyak pada makanan sehingga lebih sehat. Pemilihan rasa suna cekuh juga menjadi salah satu faktor lain yang membuat tim ini bersemangat untuk memperkenalkan cita rasa khas Bali agar bisa lebih dikenal oleh banyak orang.

Keberhasilan Tim Undiksha ini tentunya tidak terlepas dari dorongan dan semangat dosen pembimbing yaitu Gressty Sari Br Sitepu, S.Pi., M.Si. dan Made Dwipa Kusuma Maharani, S. Tr. Pi., M.P. yang selalu memberikan masukan pada setiap tahapan dan persiapan. Mahasiswa kelahiran 2000 ini juga mengungkapkan jika lomba kali ini sekaligus sebagai ajang pembuktian bisa mengikuti lomba di luar dari prodi atau mata kuliah yang mereka ambil. “Meskipun kami bertiga bukan mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan, kami ingin membuktikan bahwa kami bisa mencoba dan belajar hal baru diluar prodi/mata kuliah yang kami ikuti saat ini,” tuturnya. Raihan prestasi ini memantik rasa bangga pada anggota tim. “Kami sangat senang mendapat prestasi ini karena selain dapat ikut andil dalam membawa nama undiksha di kancah nasional, kami juga mendapat pengalaman dan ilmu baru,” pungkasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof.Dr. I Wayan Suastra, M,Pd., memberikan apresiasi atas prestasi ini. Ia pun mengajak mahasiswa lain juga turut bersemangat dalam mengikuti kompetisi. Tujuannya tidak hanya untuk mengejar prestasi, tetapi juga sebagai ajang evaluasi dan meningkatkan kualitas diri. “Kami komitmen mendukung para mahasiswa untuk ikut serta dalam kompetisi. Kami mendorong untuk itu,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik