parallax background

Kebidanan

Visi :

Menjadi prodi yang unggul di bidang kebidanan  komunitas berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Indonesia Tahun 2030

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional di bidang pelayanan kesehatan khususnya kebidanan komunitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan dan penerapan  ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni dalam bidang  pelayanan kebidanan komunitas.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kesehatan dalam rangka meningkatkan kontribusi pelayanan asuhan kebidanan komunitas untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Tujuan

  1. Menerapkan konsep dan prinsip serta keilmuan dan keterampilan yang mendasari profesionalisme bidan dalam memberikan asuhan dan pelayanan kebidanan;
  2. Melaksanakan asuhan kebidanan (Askeb) secara profesional pada perempuan dalam siklus kehidupannya (remaja, pra perkawinan, kehamilan, persalinan, nifas, klimakterium, menopouse dan masa antara, masa konsepsi, neonatus, bayi dan anak balita disemua tatanan pelayanan kesehatan di institusi dan komunitas;
  3. Mengembangkan sikap profesional dalam praktik kebidanan, komunikasi interpersonal dan konseling serta menjalin kerjasama dalam tim kesehatan;
  4. Memberikan pelayanan kebidanan dengan mempertimbangkan kultur dan budaya setempat, dengan melakukan upaya promosi dan preventif, pemberdayaan perempuan, keluarga serta masyarakat dengan tidak mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif.

Profil Lulusan

  • Bidan yang bekerja secara mandiri (Praktek Mandiri Bidan/PMB);
  • Bidan pelaksana di rumah sakit, rumah bersalin, puskesmas, balai kesehatan ibu dan anak, polindes, poskesdes;
  • Bidan pengelola program kesehatan ibu dan anak di Dinas Kesehatan, Puskesmas;
  • Bidan pengelola rumah bersalin, balai kesehatan ibu dan anak;
  • Bidan Komunitas yang mampu mengelola upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) seperti Posyandu Balita, Remaja, dan Lansia.

Untuk informasi selengkapnya mengenai D3 Kebidanan