Ajang PITCOMFEST 2.0, Tim Undiksha Raih Juara I

I Ketut Ardika, Ni Kadek Dwi Utami, dan Kadek Aldi Setiawan.

Singaraja- Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Kali ini datang dari ajang PITCOMFEST 2.0 (PTI IT Competition Festival) yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Surakarta dari 10 Juni sampai 3 Juli 2021. Tim Undiksha yang beranggotakan Ni Kadek Dwi Utami, Kadek Aldi Setiawan, dan I Ketut Ardika dari Jurusan Matematika meraih juara I untuk media pembelajaran.

Dwi Utami menjelaskan pada kompetisi yang diikuti 115 tim tersebut, timnya menampilkan karya game edukasi matematika untuk memudahkan pemahaman konsep pada materi pecahan. Inovasi ini dibuat karena masih adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika khususnya di tingkat sekolah dasar pada materi pecahan. Selain itu, pandemi covid-19 mengharuskan pembelajaran secara daring yang mengharuskan siswa belajar dari rumah. “Sehingga dari hal itu dibutuhkan suatu inovasi media pembelajaran yang menyenangkan serta interaktif untuk siswa. Game Edukasi Matematika sangat menekankan pada konsep dasar, dimana menyajikan pembelajaran secara menyenangkan yaitu belajar sambil bermain,” jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (27/7/2021).

Di bawah bimbingan Dr. I Nyoman Sukajaya, M.T., karya tersebut disiapkan sekitar tiga bulan, yang terdiri atas persiapan konten, serta desain game dan mengintegrasikan desain ke dalam koding. “Bimbingan berjalan intensif dan harus menyelesaikan berapa tahapan,” tuturnya. Terhadap prestasi yang diraih, dirinya mengaku awalnya tidak menyangka karena persaingan yang ketat dan harus berkompetisi dengan tim yang hebat-hebat. “Kami juga senang dapat mengasah kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya pada game edukasi sehingga nantinya game ini dapat bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia,” ucap Dwi Utami.

Rupanya, anggota tim ini sebelumnya juga pernah meraih prestasi di sejumlah kompetisi. Dwi Utami sempat lolos pada PKM-PM Didanai 2020, PHP2D Didanai 2020, meraih medali emas pada Kompetesi Sains Indonesia tahun 2021 dan medali emas pada Olimpiade Sains Indonesia bidang Matematika. Aldi Setiawan pernah lolos PIMNAS PKM-K Tahun 2020, lolos didanai KBMI 2019, dan juara harapan II Koin FE Unnes 2019. Selanjutnya, Ardika pernah meraih juara III Invasi Udayana tahun 2019 dan juara harapan II pada Agriexploetion 2019. 

Capain ini mendapatkan  apresiasi dari pimpinan Undiksha. “Meski pandemi Covid-19, tidak mengurangi semangat mahasiswa Undiksha untuk berkompetisi. Apalagi bisa menorehkan prestasi. ini sangat luar biasa,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. Akademisi yang sempat menjabat sebagai Direktur Pascasarjana Undiksha ini juga menegaskan pimpinan selalu komitmen untuk mendukung mahasiswa untuk turut serta dalam kompetisi. Diharapkan kedepannya semakin banyak mahasiswa yang berhasil menorehkan prestasi. “Prestasi ini sangat penting untuk mahasiswa. Termasuk juga untuk mendukung perankingan universitas,” tegasnya. Sebelumnya, Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd dalam arahannya pada apel pagi juga memberikan apresiasi terhadap dosen yang telah memberikan bimbingan kepada mahasiswa. “Prestasi mahasiswa Undiksha sangat luar biasa. Saya ucapkan terima kasih kepada mahasiswa dan juga para dosen,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik