Ajang Pemilihan Puteri Pendidikan Indonesia, Mahasiswa Undiksha Raih Juara II

Ayu Pirdayanti, Juara II Puteri Pendidikan Indonesia dan Puteri Pendidikan Nusantara 2021

Singaraja- Prestasi membanggakan kembali dipersembahkan oleh Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Ni Putu Ayu Pirdayanti, mahasiswa program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris berhasil meraih posisi Runner Up 1 tingkat Nasional dalam Ajang Pemilihan Putera Puteri Pendidikan Indonesia 2021 yang berlangsung di Banana Inn Hotel & SPA Bandung, Jawa Barat, 5 sampai 7 Oktober 2021.

Ayu Pirdayanti menuturkan perjalanan panjangnya untuk meraih prestasi ini. “Tahapan kegiatan diselenggarakan dengan dua metode, yakni secara daring dan luring. Kegiatan daring berlangsung sejak tanggal 13-20 Agustus 2021 dengan agenda kegiatan Karatina Online. Sedangkan secara luring berlangsung di Banana Inn Hotel & SPA, Bandung pada tanggal 5-7 Oktober 2021,” tuturnya saat menyampaikan raihan ini kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. Jumat (5/11/2021).

Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Prestasi Indonesia yang melibatkan beberapa pakar pendidikan, Ayu tetap membawa core pendidikan yakni advokasi Pengembangan Media Pembelajaran untuk Anak Disabilitas. “Dalam merealisasikannya, saya juga dibantu oleh mahasiswa dan juga dosen-dosen di Undiksha,” imbuhnya.

Dari ajang ini, ia juga berhasil meraih gelar Puteri Pendidikan Nusantara 2021 dan the Best Finalis Karantina Online. “Ada banyak sekali rangkaian kegiatan yang dilalui ketika karantina daring dan luring diantaranya Forum Diskusi Pendidikan, Uji Kompetensi, Unjuk bakat, Gala Dinner, Deep Interview, National Costume Competition, Preliminary Competition, Table Manner, dan Grand Final. Semua kegiatan tersebut berhasil dilewati dengan baik dan dapat dikatakan meraih hasil yang maksimal,” ujarnya.

Selain berhasil membawa Undiksha di kancah nasional, Ayu sekaligus juga mewakili provinsi Bali dengan berhasil menduduki peringkat 2 nasional. “Selain bisa mengenal pakar-pakar pendidikan, saya juga mengenal teman-teman dari seluruh Indonesia dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Ini merupakan suatu kesempatan yang luar biasa,” ungkapnya.

Prestasi ini semakin menambah semangatnya untuk tetap bisa menjaga mandat sebagai Puteri Pendidikan Nusantara dan berkontribusi dan berdedikasi khususnya dalam dunia pendidikan.

Sementara itu, Prof. I Wayan Suastra, menyambut positif raihan prestasi ini dan diharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa Undiksha. “Kami pimpinan Undiksha tentu sangat bangga dengan prestasi ini. Semoga ke depannya semakin banyak prestasi yang diraih untuk meningkatkan daya saing mahasiswa. Dan Undiksha berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik