Ajang IPB Archery Open Online 2021, Srikandi Undiksha Raih Tiga Medali

Singaraja- Prestasi yang ditorehkan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha di tengah pandemi Covid-19 tidak hanya dari kompetisi karya ilmiah atau sejenisnya, tetapi juga dari bidang olahraga. Tiga Srikandi Undiksha, yaitu Made Diah Karisma Utami, Luh Suwandewi Utami Nesa, dan Komang Jenika Puspayoni yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Panahan berhasil menyabet medali dari lomba IPB Archery Open Online 2021. Ajang ini berlangsung dari 27 Juni sampai 18 Juli 2021.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Senin (19/7/2021), lomba ini terbagi atas 3 divisi, yaitu Compound, Recurve dan StandarBow. Pesertanya dari berbagai universitas dan beberapa club serta UKM Panahan yang ada di Universitas seluruh Indonesia. Pada ajang bergengsi itu, Diah Karisma Utami yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi berhasil meraih medali perunggu. Ia tampil pada divisi recurve dengan jumlah peserta sekitar sepuluh orang. “Ini sebagai juara individu recurve umum putri,” ungkapnya.

Meraih prestasi ini, perlu persiapan dan latihan yang intensif sebelumnya. “Kesan yang saya rasakan mendapatkan prestasi ini pastinya sangat senang dan merasa bangga,” tuturnya. Olahraga panahan rupanya bukan menjadi hal baru bagi Diah. Ia sudah menekuninya sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), tepatnya saat kelas VI, berawal dari ajakan ayahnya yang menjadi seorang pelatih panahan. “Awalnya saya merasa biasa saja. Tetapi lama-kelamaan saya ingin menekuni olahraga ini dan akhirnya hingga sekarang,” ucapnya.

Terjun di olahraga ini tidak hanya karena ingin melanjutkan jejak ayahnya, termasuk pamannya yang dulu juga seorang atlet. Lebih dari itu, karena dari olahraga ini, ia dapat melatih kesabaran dan ketenangan diri. “Di panahan itu yang diperlukan perasaan dan juga ketenangan dalam diri kita. Yang dimana harus melawan emosional diri,” imbuhnya.

Sementara itu, Suwandewi Utami Nesa dari Program Studi Pendidikan Matematika berhasil meraih medali perak pada divisi FITA Compound Umum Putri. Capaian ini juga menjadi kebanggan baginya karena dapat mengharumkan nama Undiksha dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di kancah nasional.

Serupa dengan Diah Karisma Utami. Olahraga ini sudah ia tekuni sejak masih duduk di bangku SMA. Olahraga untuk melatih emosi ini juga telah mengantarkannya berhasil meraih medali emas dan perak di Porprov Bali 2019, Medali perak dan perunggu pada Kejurprov Bali 2019, serta pada event lainnya.

Berbeda dengan Jenika Puspayoni. Mahasiswa Program Studi S-1 Akuntansi ini berhasil meraih medali emas individual divisi FITA Compound Umum Putri. Ia yang menekuni olahraga panahan sejak SMA juga pernah meraih prestasi Porjar tahun 2019, meraih medali emas, medali perak dalam mix team dan beregu di Kejurprov Bali 2019, dan lainnya.

Raihan prestasi gemilang ini tidak lepas dari peran pembina UKM Panahan Undiksha, Dr. I Ketut Iwan Swadesi, S.Pd.,M.Or. Motivasi, semangat, dan dorongan untuk tampil maksimal terus diberikan kepada para atletnya. Ia pun berharap prestasi gemilang ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., memberikan apresiasi terhadap prestasi ini. “Meski pandemi, semangat mahasiswa kami untuk berprestasi tetap tinggi. Semoga semakin banyak mahasiswa yang meraih prestasi, baik nasional maupun internasional,” ucapnya. (hms)

Informasi Publik