Ajang I3C di Malaysia: Bawa Karya “RECALL”, Tim Undiksha Raih Medali Perunggu

Singaraja– Menjelang pengujung tahun 2021, prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Kali ini datang dari ajang International Innovation & Invention Competition (I3C) Malaysia. Pada ajang yang dimulai sejak bulan September sampai dengan Oktober dan pengumuman juara pada 27 November 2021, tim Undiksha yang terdiri atas Kadek Yuda Wiryanatha dari prodi Pendidikan Teknik Elektro, Putu Pipit Pricellia Eka Putri prodi Ilmu Hukum, Ni Made Sania Indri Wahyuni dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Ni Luh Gede Shinta Yudharini dari Prodi Pendidikan Matematika, dan Ni Putu Ayu Yuli Sumadianti dari Prodi S1 Akuntansi berhasil meraih medali perunggu dalam kategori engineering & physics.

Pada ajang internasional tersebut, tim yang diketuai oleh Kadek Yuda Wiryanatha menampilkan karya yang RECALL (Remote Electrical Control). Alat ini dapat mengontrol peralatan listrik menggunakan remote yang sudah disediakan. Mahasiswa semester 5 ini menjelaskan tercetusnya ide membuat inovasi ini berdasarkan pengamatannya yang melihat kebiasaan menghidupkan listrik yang masih secara manual. “Dengan adanya alat ini, semua peralatan listrik bisa diaktifkan atau dinonaktifkan menggunakan remote yg tersedia. Ini juga mengatasi penggunaan bahan-bahan yang berlebihan sehingga dapat menghemat pengeluaran,” jelasnya, Kamis (2/12/2021).

Disampaikan lebih lanjut, alat tersebut bisa digunakan untuk semua jenis peralatan listrik. Raihan prestasi ini tentunya tidak terlepas dari peran dosen pembimbing Dr. Nyoman Santiyadnya, S.Si., M.T., dalam persiapan kurang lebih selama dua bulan. “Persiapan mulai dari bahan-bahan serta pengambilan topik apa yg akan dilombakan. Tentunya dengan arahan dari dosen pembimbing dan seluruh pimpinan di Undiksha bisa mengantarkan kami meraih prestasi ini,” ungkapnya. Prestasi ini disambut dengan rasa syukur oleh tim, sekaligus sebagai motivasi untuk terus berprestasi, menambah pengalaman maupun wawasan. “Lomba ini juga bisa memotivasi diri saya pribadi untuk terus berkreasi, bisa menambah kepercayaan diri,” imbuhnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., memberikan apresiasi atas prestasi ini karena sangat mendukung pemeringkatan Undiksha, khususnya bidang kemahasiswaan di tingkat nasional. “Kami sangat apresiasi atas perjuangan mahasiswa untuk Undiksha. Semoga kedepan semakin banyak lagi mahasiswa yang meraih prestasi. Prestasi ini juga penting untuk meningkatkan daya saing mahasiswa,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik