Undiksha Menyelenggarakan Pembekalan Bela Negara Bagi Mahasiswa PPG SM3T dan Prajabatan

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahananan Negara menjelaskan bahwa upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Sebagai upaya turut andil dalam mewujudkan hal tersebut, Undiksha sebagai penyelenggara PPG SM3T dan Prajabatan mengadakan kegiatan pembekalan Bela Negara yang diikuti oleh 128 mahasiswa PPG Undiksha Singaraja, Bali pada hari kamis (28/06) di kampus Jineng dalem Undiksha.

Pembekalan bela negara merupakan salah satu dari program kegiatan yang dilaksanakan MBMI (Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia) Undiksha untuk peserta PPG Undiksha 2018. Peserta kegiatan ini berjumlah 128 orang masing masing adalah 68 mahasiswa PPG SM3T, 23 mahasiswa PPG Prajabatan I, dan 37 mahasiswa PPG prajabatan II. Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Secata-A TNI-AD Singaraja, Bali dan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama dilaksanakan kegiatan pemaparan umum tentang wawasan kebangsaan, pengenalan peta/kompas, serta kegiatan pelatihan kekompakan/Santi Aji. Sedangkan pada hari kedua dilaksanakan kegiatan PBB dan Pionir. Setiap kegiatan dipandu langsung oleh pelatih dari Secata-A TNI-AD.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III Undiksha, Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes. yang pada kesempatan tersebut mewakili rektor Undiksha. Dalam sambutannya, Pujawan menyampaikan harapannya agar dengan diadakannya pembekalan Bela Negara bagi mahasiswa PPG Undiksha, Undiksha dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan pemerintah. “Bela Negara tidak hanya soal teori, lebih dari itu hal terpenting dari Bela Negara adalah aplikasi dari teori tersebut dalam perilaku sehari-hari, terlebih sebagai calon guru yang nantinya akan menjadi panutan dan tauladan bagi siswa” tambah Pujawan dalam sambutannya.

Sekretaris MBMI Undiksha, Dr. Wayan Widiana, M.Pd. juga menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya pembekalan bela negara bagi mahasiswa PPG Undiksha adalah agar terciptanya calon guru yang memiliki rasa patriotisme dan cinta tanah air. “Pembekalan Bela Negara bagi Mahasiswa PPG Undiksha adalah hal yang penting untuk dilaksanakan. Kegiatan ini sangat relevan dan strategis guna meningkatkan pemahaman dan penanaman jiwa patriotisme dan cinta tanah air sebagai calon guru nantinya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara yang dilandasi wawasan kebangsaan bagi mahasiswa PPG Undiksha” tambah Widiana.