Undiksha Jalin Kerja Sama Dengan RSUD Mangusada Persiapan Prodi Pendidikan Kedokteran

Lantik Ketua LPPM, Rektor Undiksha Dorong Peningkatan Publikasi Jurnal Internasional 
16 Oktober 2017
Pelaksanaan Wisuda LIV (lima puluh empat) Undiksha Periode November Tahun 2017
19 Oktober 2017

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mangusada Kabupaten Badung dalam rangka persiapan pembukaan Program Studi Pendidikan Kedokteran.

Kerja sama tersebut diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman bersama atau Memorandum Of Understanding (MoU) antara Rektor Undiksha Dr I Nyoman Jampel MPd dengan dengan Direktur RSUD Mangusada dr I Nyoman Gunarta, MPH, Senin.

Rektor  I Nyoman Jampel mengatakan bahwa Undiksha sebagai universitas pendidikan negeri terbesar di Bali kini tengah dalam tahap akhir dalam pendirian Prodi Kedokteran.

Prodi Kedokteran Undiksha, kata Jampel  sedang menunggu untuk divisatasi oleh tim pusat sebagai salah satu syarat pendirian program studi baru.

“Dukungan dan kerja sama dari rumah sakit betul-betul bisa mewujudkan harapan dari universitas dan masyarakat Kabupaten Buleleng untuk memiliki Prodi Kedokteran,” terang dia.

Jampel juga berharap kedepan antara Undiksha dan RSUD Mangusada dapat terjalin hubungan saling menguntungkan dan saling memberikan manfaat.

Dukungan penuh dari RSUD Mangusada berikut kesiapan SDM dan fasilitasnya tentu dapat mendukung sebagai salah satu rumah sakit pendidikan strategis dikarenakan sampai saat ini Undiksha belum memiliki rumah sakit pendidikan.

Direktur RSUD Mangusada, I Nyoman Gunarta. MPH mengungkapkan bahwa salah satu visi RSUD Mangusada adalah menjadi rumah sakit pendidikan dengan pelayanan professional, inovatif, dan berbudaya.

Visi ini akan bersinergi jikalau kami bisa bekerjasama dengan universitas dan fakultas yang sejatinya sama-sama mengemban misi pengembangan teknologi, pelayanan kesehatan yang inovatif.

Dan dalam usaha ini selalu membutuhkan keinginan untuk maju dalam memberikan pelayanan bagi pasien.

Terkait kerja sama dengan Undiksha, kata dia, sesuai dengan adanya visi berbudaya secara nasional, maka akan ada nilai plus bagi lulusan Undiksha salah satunya adalah pariwisata kesehatan berbudaya.

Disamping itu, Direktur RSUD Mangusada mengungkapkan keinginan manajemen untuk pengembangan SDM yang menjadi prioritas utama karena mereka bergerak di bidang pelayanan kesehatan.

“Begitu pula Undiksha selama ini bergerak di bidang pendidikan haruslah bersama-sama untuk meingkatkan SDM, sehingga tantangan yang ada dapat dijadikan sebagai peluang,” tutur dia.

Indonesia