UKM PERS Mahasiswa VISI Laksanakan Pelatihan Dasar Jurnalistik (PDJ)

Nanyang Polytechnic (NYP) Lakukan Pertukaran Budaya dengan Universitas Pendidikan Ganesha
18 September 2017
UKM Mapala Adakan Pendidikan dan Pelatihan Mapala Loka Samgraha ke XXIII
21 September 2017

UKM PERS Mahasiswa VISI melaksanakan Pelatihan Dasar Jurnalistik (PDJ) yang kedua kalinya di Eks. Pelabuhan Buleleng sore tadi (17/9). Setelah sebelumnya pada hari Minggu, 10 September 2017 diadakan pembukaan PDJ dan memberikan sedikit materi di ruang kuliah Pendidikan Bahasa Inggris (indoor). Hari ini telah dilangsungkan PDJ dengan nuansa outdoor dimana calon anggota baru UKM PERS Mahasiswa diajak untuk terjun langsung ke lapangan untuk mencari berita.

Kegiatan pelatihan diawali dari hanya sekedar mengamati situasi yang ada lalu mulai mendengarkan percakapan-percakapan yang dilakukan oleh beberapa orang di area Eks Pelabuhan Buleleng hingga mewawancarai narasumber (pengunjung) yang ada di tempat tersebut. Kegiatan menulis ini rutin dilakukan selama seminggu sekali dimana harapannya adalah bahwa menulis merupakan sesuatu yang harus sering dilakukan (konsisten) agar keterampilan menulis dan cara berfikir itu terasah. Dimana nanti pada pertemuan terakhir, calon anggota baru UKM PERS Mahasiswa VISI akan mempresentasikan tulisan (produk) mereka dalam kelompok yang nantinya akan dibagikan.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh sekitar 20 orang pada pertemuan kedua kali ini, PDJ hari ini berlangsung lancar dan banyak manfaat yang di dapat oleh peserta seperti cara berfikir kritis melihat situasi yang ada yang mungkin bagi orang umum hal itu biasa saja. “tidak hanya di PDJ ini mahasiswa berlatih menulis, namun juga mereka harus menulis sendiri karena menulis itu harus tanpa paksaan” ujar Pembina UKM PERS Mahasiswa VISI, Bapak I Wayan Artika di sela-sela memberikan materi kepada calon anggota baru UKM PERS Mahasiswa VISI. (Putu Nata Kusuma/Pendidikan Bahasa Inggris)

Indonesia