Tingkatkan Pemahaman Akuntansi Pemerintahan, Dosen Ajak Mahasiswa Studi Lapangan di KPPN Singaraja

Promosikan Wisata Bali Utara, Mapala Loka Samgraha Undiksha Selenggarakan LLWA Tingkat Nasional
27 November 2017
Rakorbang Undiksha Tahun Anggaran 2019
28 November 2017

Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha melakukan studi lapangan di KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Singaraja (27/11). Kegiatan ini dilakukan untuk menambah pemahaman mahasiswa tentang sistem akuntansi pemerintahan yang merupakan salah satu mata kuliah semester 3 jurusan Akuntansi Program S1.

KPPN merupakan salah satu instansi yang menerapkan akuntansi pemerintahan sehingga sangat cocok untuk dijadikan objek studi, selain itu KPPN Singaraja dan Undiksha juga telah menjali  kerjasama.

Studi lapangan ini diikuti oleh perwakilan 3 kelas sekitar 24 orang serta di dampingi oleh Gst. Ayu Ketut Rencana Sari Dewi, S.E., M.Si. selaku dosen pengampu mata kuliah akuntansi pemerintahan.

Pihak KPPN menyambut kedatangan mahasiswa dengan baik, mulai dari penyediaan ruangan, pemberian materi dan pelayanan lainnya. Mahasiswa juga di diperlihatkan bagaiamana sistem kerja di KPPN Singaraja. Sri Lestari, Wayan Sudiasa, dan Muklis selaku narasumber dan tutor menuntun mahasiswa berkeliling kantor. Dan yang paling penting mahasiswa juga diperlihatkan contoh laporan keuangan instansi tersebut. Tanggapan mahasiswa sangat antusias, mereka menyimak dengan baik informasi yang dipaparkan.

“Dengan adanya kegiatan ini setidaknya mahasiswa tidak hanya sekedar membayangkan namun menemukan secara nyata di lapangan bagaimana sistem akuntansi pemerintahan itu, namun ada baiknya jika studi seperti ini terus berlanjut karena belajar tidak bisa instan melainkan bertahap” kata Anik peserta studi lapangan ketika ditanyai kesannya dalam mengikuti kegiatan ini. (Sanchi/VISI)

Indonesia