HMJ PGSD Undiksha Adakan Lomba Tingkat Regional

P2M Manajemen Informatika di TK Lab Undiksha
8 Desember 2016
Seminar Akademik “Kenali SM3T Untuk Diri dan Bangsa”
10 Desember 2016

Pelaksanaan Lomba XII Lima Mata Pelajaran Tingkat Sekolah Dasar se-Bali Tahun 2016

SINGARAJA – Lomba XII Lima Mata Pelajaran Tingkat Sekolah Dasar se-Bali telah dilaksanakan pada Selasa, 25 Oktober 2016 bertempat di Gedung Auditorium Undiksha dan Gedung FIP B, Kampus Tengah Undiksha. Kegiatan ini merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan PGSD tahun 2015 yang menyungsung tema “Menumbuhkan Generasi Muda yang Cerdas dan Kompetitif melalui Lomba XII Lima Mata Pelajaran Tingkat Sekolah Dasar se-Bali”.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh suatu pemikiran bahwa perlu meningkatkan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan diyakini mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, perlu adanya tindakan nyata untuk mendorong semangat belajar siswa/siswi kita sejak di Sekolah Dasar (SD). Salah satu kegiatan nyata yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan suatu kompetensi dengan menyelenggarakan Lomba XII Lima Mata Pelajaran Tingkat Sekolah Dasar se-Bali.

Serangkaian dengan kegiatan ini, dilaksanakan pula kegiatan seminar dengan tema “Profil Guru SD dalam Mengantisipasi MEA”  bagi guru pendamping dan mahasiswa Jurusan PGSD, agar guru maupun calon guru sebagai pendukung peningkatan kualitas pendidikan mempunyai wawasan yang lebih luas. Pemakalah dalam seminar kali ini yaitu, Ibu Dr. Desak Putu Parmiti, M.S. Peserta lomba pada tahun ini berjumlah 141 tim yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Bali.

Kegiatan lomba dibagi menjadi babak penyisihan, semifinal, dan final.  Juara I memperoleh piala bergilir Rektor Undiksha, piala tetap Dekan FIP Undiksha, Piagam Penghargaan, Uang Pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,00. Juara II memperoleh piala tetap Dekan FIP Undiksha, Piagam Penghargaan, Uang Pembinaan sebesar Rp.750.000,00. Juara III piala tetap Dekan FIP Undiksha, Piagam Penghargaan, Uang Pembinaan sebesar Rp.500.000,00.

Adapun pemenang Lomba XII Lima Mata Pelajaran Tingkat Sekolah Dasar Se-Bali Tahun 2016, yaitu:

  1. Juara I diraih oleh SDK Harapan Denpasar
  2. Juara II diraih oleh SDN 1 Karangasem
  3. Juara III diaraih oleh SD Cipta Darma Denpasar

Selamat kami ucapkan bagi Pemenang Lomba XII Lima Mata Pelajaran Tingkat Sekolah Dasar se-Bali Tahun 2016.

 

Indonesia