Riset dan Inovasi

Sebagai salah satu Universitas Negeri, Undiksha juga ikut andil dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa. Undiksha sebagai perguruan tinggi berupaya melakukan kegiatan riset, baik riset dasar maupun riset terapan dengan tujuan meningkatkan pendidikan pelatihan, pengembangan iptek dan inovasi kesiapan sumber daya manusia menghadapi teknologi. Program riset dan inovasi di Undiksha berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Ganesha merupakan sebuah lembaga baru yang dibentuk dari penggabungan dua lembaga yang sebelumnya  ada di Universitas Pedidikan Ganesha, yaitu Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat terhitung mulai 1 Juni 2016. Pembentukan lembaga ini didasari oleh Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Pendidikan Ganesha. Lembaga ini memiliki tugas mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Pendidikan. LPPM dilengkapi dengan dua pusat, yaitu Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat.

Pusat Penelitian diberi mandat untuk mengkordinasikan pelaksanaan penelitian, sedangkan pusat pengabdian kepada masyarakat diberi mandat untuk mengkoordinasikan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Untuk mengembangkan serta memfokuskan tema-tema penelitian, Pusat Penelitian dilengkapi dengan 9 pusat kajian. Kesembilan Pusat Kajian tersebut adalah: (1) Pusat Kajian Nilai dan Karakter, (2) Pusat Kajian Formal dan Informal, (3) Pusat Kajian Budaya, (4) Pusat Kajian Pengembangan Metodelogi dan Perangkat Pendidikan/ Pengajaran, (5) Pusat Kajian Pemberdayaan Masyarakat, (6) Pusat Kajian Sains dan Teknologi, (7) Pusat Kajian Politik, Hukum, dan Pemerintahan, (8) Pusat Kajian Model Pendidikan dan Pelatihan Kekacapan Hidup, (9) Pusat Kajian Bahasa dan Kesusastraan, dan (10) Pusat Kajian Perempuan dan Perlindungan Anak. Pusat Pengabdian kepada Masyarakat dilengkapi dengan 7 pusat layanan, yaitu: (1) Pusat Layanan Pengembangan Sumber Daya, (2) Pusat Layanan Kuliah Kerja Nyata, (3) Pusat Layanan Penerapan Iptek, (4) Pusat Layanan Kewirausahaan dan Konsultasi Bisnis, (5) Pusat Layanan Pengembangan Pendidikan Nonformal, (6) Pusat Layanan Pengembangan Wilayah dan Dampak  Lingkungan, dan (7) Pusat Layanan Pengembangan Pendidikan Sekolah.

Penelitian

selayang-pandang

Pengabdian Masyarakat

selayang-pandang

PKM

selayang-pandang

PMW

selayang-pandang