Rektor : Lulusan Undiksha Siap Menghadapi Persaingan Global

Jadwal Penugasan Mahasiswa Sebagai Relawan Peduli Bencana Gunung Agung
6 Oktober 2017
Undiksha Sumbang 16 Atlet Untuk Pomnas 2017
9 Oktober 2017

Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, Dr I Nyoman Jampel MPd menyatakan lulusan perguruan tinggi tersebut sangat siap menghadapi persaingan pada era global saat ini.

“Saya sering berkonsultasi dengan beberapa pejabat dan pengusaha yang menerima alumni Undiksha. Mereka menilai bahwa lulusan kita punya karakter dan kemampuan yang mumpuni dalam berbagai bidang,” katanya di Kota Singaraja, Bali, Senin.

Menurut dia, hal yang paling penting yang membuat lulusan Undiksha dikenal siap kerja adalah karakter. Karakter tersebut yakni tangguh, pekerja keras dan memiliki daya saing tinggi sebagai modal utama hadapi persaingan dalam kancah global.

Selain itu, lulusan Undiksha juga dikenal terampil dan juga memiliki sikap (attitude) yang patut dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi lain.

Terlebih lagi, Undiksha sebagai perguruan tinggi berbasis kependidikan yang lebih menonjolkan pendidikan moral, selain tetap berfokus pada prestasi akademik.

“Fenomena yang sering saya temui juga adalah perusahaan yang menerima lulusan Undiksha meskipun tidak sesuai dengan jurusan saat kuliah. Saya tanyakan lagi. Kenapa bisa diterima. Padahal saya punya lulusan pada bidang itu. Jawabannya adalah karena perusahaan tersebut membutuhkan lulusan dengan karakter baik,” terang Jampel.

Jampel menilai hal tersebut sebagai suatu keunggulan tersendiri karena pendidikan karakter yang selama ini diterapkan dinilai berhasil melahirkan alumni yang siap bersaing kapan pun dan dimana pun posisinya dalam bekerja.

Hal tersebut juga tidak terlepas dari visi Undiksha yakni menjadi perguruan tinggi yang unggul pada 2045 di Asia dengan berlandaskan pada falsafah Tri Hita Karana.

“Modal kami adalah membawa falsafah `Tri Hita Karana` atau hubungan yang harmonis antar manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam sebagai pedoman dalam menghadapi persainga global. Visi tersebut harus dipahami setiap mahasiswa untuk selanjutnya diaplikasikan setelah selesai menempuh pendidikan,” terang Jampel. (bgs)

Sumber:AntaraBali.com

Indonesia