Undiksha Luncurkan e-Ganesha

REVISI Informasi Pembayaran SPP/UKT Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018 Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana
19 Juli 2017
Dorong Peningkatan Publikasi Ilmiah, Fakultas Bahasa dan Seni Adakan Workshop
25 Juli 2017

E-Ganesha resmi diluncurkan oleh Rektor Undiksha, pada hari Senin, 17 Juli 2017. E-Ganesha merupakan sebuah sistem besar yang efektif untuk mewadahi aktivitas seluruh civitas di lingkungan Undiksha. Bertempat di Ruang Ganesha 3 yang dihadiri oleh Rektor Undiksha (Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.), Wakil Rektor I (Prof. Dr. Ida Bagus Arnyana, M.Si), Wakil Rektor III (Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes), dan Ketua UPT TIK Undiksha (Kadek Yota Ernanda Aryanto, S.Kom., M.T., Ph.D.) serta seluruh Dekan, Ketua Jurusan/Ketua Prodi, dan Tim TI Fakultas di lingkungan Undiksha.

Dalam sambutannya, Rektor Undiksha mengatakan bahwa hendaknya sistem ini dapat menjadi “rumah” yang indah dan nyaman karena telah dirancang secara matang oleh tenaga ahli dan profesional di bidangnya. Namun, tetap perlu adanya partisipasi dari semua pihak untuk mengisi dan menjalankan sistem ini.

Adanya pembuataan sistem ini dilatarbelakangi oleh sulitnya memperoleh data secara terpusat yang valid dan konsisten sehingga dibutuhkan pangkalan data yang menjadi pusat sistem informasi atau aplikasi di Undiksha. Sistem inilah yang nanti mampu mencakup semua elemen kampus seperti pimpinan, dosen, pegawai, dan mahasiswa termasuk juga orang tua, stakeholder, dan masyarakat.

Dengan adanya sistem ini, data yang ada di Undiksha menjadi lebih terstruktur, terintegrasi, valid, dan konsisten. Sistem ini bisa dikembangkan oleh siapa pun selama berkoordinasi dengan UPT TIK. E-Ganesha juga dapat mengefisiensi waktu dan biaya, contohnya akses dalam pencarian data lebih mudah dan cepat dan pengembangan sistem-sistem yang ada menjadi lebih terorganisasi. Sistem-sistem yang telah dikembangkan yaitu sistem Single Sign On (SSO), Data dan Profil Dosen Undiksha, Data dan Profil Pegawai Undiksha, Sistem Kinerja, Sistem SKP dan BKD Dosen, Sistem Aplikasi Hukum dan Tatalaksana, serta Data Center Undiksha.

Sistem lain yang sudah terintegrasi dengan E-Ganesha adalah PPL, Ganesha scholar, dan SIAK. Sementara itu, sistem-sistem yang masih dalam pengembangan meliputi Pangkalan Data Mahasiswa, Sistem Penerimaan Mahasiswa, Pengembangan SIAK Next Generation, Penilaian Angka Kredit, Executive Dashboard, Sentra Notifikasi, Sistem Monitoring Kinerja Pegawai, E-Office, Aplikasi Mobile, Sistem Inventaris, dan Remunerasi. Walaupun pembuatannya berjalan dengan lancar, tetapi masih perlu adanya uji coba untuk mengetahui kendala-kendala yang mungkin terjadi saat penggunaan E-Ganesha ini. Dengan demikian, diharapkan dengan adanya E-Ganesha ini, Undiksha dapat mempersiapkan tahun 2018 sebagai tahun TIK, serta dapat mengangkat citra dan grade Universitas Pendidikan Ganesha dalam percaturan perguruan tinggi di kancah nasional dan internasional.

Indonesia