Pendidikan Bahasa Indonesia Undiksha Gencarkan Ekosistem Literasi Pada Sekolah

Pengarahan dan Pembekalan Sosialisasi Undiksha
5 Desember 2017
Pemprov Bali Serahterimakan UPT Akbid Pada Kemenristekdikti-Selanjutnya Jadi Prodi Kebidanan di Undiksha Singaraja
7 Desember 2017

Bertempat di Gedung Auditorium Pascasarjana Undiksha, Rabu (06/12) dilaksanakan Workshop Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) dengan tema “Pelatihan Pendekatan Andragogi dalam Membangun Ekosistem Literasi di Sekolah” Guru-Guru Bahasa Indonesia se-Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (S2/S3) dan diikuti oleh Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Buleleng serta mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kegiatan workshop dibuka langsung oleh Direktur Pascasarjana Undiksha Prof. Dr. Wayan Suastra.

”Kami memberikan atensi sepenuhnya terhadap penyelenggaraan P2M Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dari tiga misi yang diemban Pascasarjana. Khusus P2M Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, kami memberikan apresiasi, karena kegiatan sastra agak langka dan kurang diminati,” kata Prof. Suastra ketika membuka kegiatan workshop. 

Workshop ini membahas mengenai kemampuan literasi membaca yang di definisikan sebagai kemampuan memahami teks tertulis dalam mencapai suatu tujuan yang akan mengembangkan suatu pengetahuan dan potensi seseorang.

“Kegiatan ini kami selenggarakan dengan tujuan meningkatkan literasi di sekolah melalui pendekatan sastra” ujar Ketua Panitia P2M Pascasarjana Undiksha (Drs. Gede Artawan, M.Pd)

Upaya pelatihan andragogi ini, lanjut Gede Artawan adalah untuk mencari minat siswa maupun guru yang lain, sehingga mengalir sedemikian rupa untuk mencapai tujuan, sehingga sastra tidak lagi terpinggirkan tapi menjadi bagian kehidupan sehari-hari.  Melalui diselenggarakan workshop ini diharapkan nantinya guru Bahasa Indonesia dapat membentuk paradigma baru pembelajaran sastra melalui literasi.

Indonesia