OKK 2017 : Undiksha Gelar Parade Unit Kegiatan Mahasiswa

Format Laporan Akhir Pembekalan
16 Agustus 2017
Hari Ketiga OKK, Mahasiswa Baru Dikenalkan ke Jurusan Masing-masing
18 Agustus 2017

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali menggelar parade Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serangkaian orientasi kehidupan kampus (OKK) di perguruan tinggi kependidikan terbesar di Pulau Dewata tersebut.

“Undiksha total memiliki 25 jenis UKM. Kami harapkan mahasiswa baru dapat membina diri pada unit yang mereka minati,” kata Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd, di Singaraja, Bali, Kamis.

Menurut dia, UKM Undiksha selama ini menjadi salah satu sektor yang menyumbangkan prestasi cukup banyak, baik dari segi akademik maupun nonakademik.

Jampel mencontohkan UKM karate yang baru saja meraih prestasi gemilang menduduki peringkat ketiga pada pelaksanaan kejuaraan karate internasional tingkat Asia di Kota Batam, Kepulauan Riau yang diikuti delapan negara.

Dalam bidang akademik, UKM Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Undiksha pernah menduduki peringkat kelima dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 yang digelar di Universitas Halu Oleo Kendari pada 2015 lalu.

Pada tingkat daerah, kata Jampel, Undiksha selalu meraih prestasi gemilang pada kejuaran-kejuaraan yang diadakan perguruan tinggi di Bali. Seperti basket yang hampir setiap tahun meraih juara dalam berbagai ajang.

“Masih banyak lagi prestasi yang dihasilkan oleh mahasiswa kami yang tergabung dalam berbagai jenis UKM. Kami harapkan kedepan lebih banyak lagi mahasiswa yang berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional,” tegas dia.

Kedepan, pihaknya berharap semakin banyak mahasiswa yang berprestasi melalui pembinaan UKM. Mahasiswa bukan hanya dituntut megembangkan ilmu melalui perkuliahan semata, tetapi juga pendalaman bakat minat yang mereka miliki.

“Kami berusaha terus memfasilitasi program UKM di Undiksha. Bahkan terhadap beberapa UKM baru. Hal ini penting karena UKM bukan hanya berkontribusi untuk kampus tetapi juga terhadap daerah dalam berbagai ajang kejuaraan semisal Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan Pekan Olahraga Nasional (PON),” terang Jampel. (bgs)

Sumber : antarabali.com

Indonesia