Menuju Publikasi Jurnal Bereputasi, FOK Undiksha Dorong Dosen Tulis Artikel Ilmiah

Kalender Akademik Tahun Akademik 2017-2018
15 Juni 2017
LPPPM UNDIKSHA Selenggarakan Uji Publik Pedoman Pembelajaran
16 Juni 2017

Peningkatan kualitas dosen dalam hal publikasi hasil penelitian menjadi program unggulan Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja. Mewujudkan itu, salah satunya dilakukan melalui kegiatan Technical Assistant (TA) dengan tema “Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Keolahragaan Menuju Publikasi Jurnal Bereputasi” yang terselenggara, Kamis (15/6) kemarin.

Ketua Panitia, Ketut Chandra Adinata Kusuma, S.Pd., M.Pd menjelaskan kegiatan yang melibatkan seluruh staf dosen FOK ini bertujuan meningkatkan motivasi dan kemampuan dosen dalam membuat artikel ilmiah keolahragaan. Hal yang tak kalah penting juga untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang strategi dalam menulis artikel ilmiah keolahragaan menuju publikasi jurnal bereputasi. “Kegiatan ini salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dosen, terutama dalam hal pembuatan artikel keolahragaan,” tegasnya.

Pelaksanaan kegiatan ini, sambung dia didasari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya menegaskan tugas dosen tak hanya mengajar saja, tetapi juga wajib melakukan penelitian dan mempublikasikannya. Hal ini penting untuk menciptakan pendidikan yang baik. Bukan hanya diri sendiri, tetapi juga merupakan bentuk tanggung jawab terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Selain itu, jika merujuk Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PAN-RB) Nomor 17 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 92 Tahun 2014, kenaikan jenjang jabatan akademik dosen mewajibkan untuk mempublikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnah internasional bereputasi di bidangnya. Ketentuan-ketentuan itu juga menjadi dasar terlenggaranya kegiatan ini. “Ini juga yang mendasari pelaksanaan kegiatan,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan FOK Undiksha, I Ketut Budaya Astra, S.Pd.,M.Pd mengungkapkan selain kegiatan ini, peningkatan kemapuan menulis artikel ilmiah dosen juga dilakukan dengan mengikuti seminar maupun workshop yang diselenggarakan perguruan tinggi sejumlah daerah. “Setiap ada workshop di Malang atau Semarang, maupun perguruan tinggi lain, dosen disini sering ikut. Itu salah satu cara juga untuk meningkatkan kualitas SDM,” ucapnya.

Sebelum adanya pelatihan dan pendampingan ini, minat dosen untuk menulis artikel ilmiah sudah cukup tinggi. Bahkan beberapa sudah berhasil lolos penelitian. Selain itu, sejumlah tulisan juga tak hanya berhasil masuk pada jurnal tingkat nasional, tetapi juga internasional. “Kami dorong seluruh dosen untuk menulis. Sebab selama ini fok itu dikenal hanya menghandalkan otot saja,” tegasnya.

Kegiatan yang berlangsung hingga, Jumat (16/6) hari ini menghadirkan narasumber, Prof.Dr. M.E.Winarno, M.Pd dari FIK Universitas Negeri Malang, Ranu Baskoro Aji Putra, S.Pd., M.Pd.,dari FIK Universitas Negeri Semarang dan I Ketut Resika Arthana, S.T.,M.Kom.,dari FTK Undiksha.

Indonesia