Menjadi Patriot Bangsa yang Budiman, Undiksha Selenggarakan Upacara Bendera Memperingati Hari Pahlawan

Pengumuman Tambahan Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kemenristek di Lingkungan Undiksha
12 November 2017
Undiksha Menjamin Transparansi dan Akuntabilitas Penerimaan CPNS 2017
13 November 2017

Universitas Pendidikan Ganesha menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November, bertempat di lapangan upacara kampus tengah pada Senin (13/11). Peserta upacara yang terdiri dari Pimpinan Undiksha, Undangan, Dosen dan Staf di lingkungan Undiksha, MPM dan BEM Rema serta Mahasiswa baru tahun 2017 berdiri dengan tegak di lapangan upacara Undiksha. Upacara berlangsung dengan hikmat. Rektor Undiksha Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. menjadi inspektur upacara.

Dalam upacara ini dibacakan pesan-pesan 3 pahlawan yakni, Jendral Sudirman, Supriyadi dan Bung Tomo. Sambutan mentri sosial juga dibacakan oleh inspektur upacara yang isinya mengajak seluruh elemen masyarakat menjadi patriot bangsa yang budiman karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawannya.

Dalam amanat tertulis Menteri Sosial yang dibacakan oleh Rektor Undiksha Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., mengajak untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan dan pendiri Republik Indonesia, karena mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan hingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka. Dengan tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” tersebut dimaksudkan bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka berikutya adalah bangsa Indonesia harus bersatu untuk memasuki tahapan bernegara yakni berdaulat, adil, dan makmur. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Kemudian semua peserta upacara menundukkan kepala sejenak untuk mengheningkan cipta memghormati pahlawan negeri ini. Pekikan kata merdeka diteriakkan dengan penuh semangat mengakhiri sambutan inspektur upacara. (Sanchi/VISI)

Indonesia