MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN KEPEMIMPINAN MELALUI SEMINAR

Tirta Yatra
29 Maret 2015

Pada 25 Maret 2015, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNDIKSHA kedatangan tamu istimewa! Hishinuma Kimikko, wanita Jepang yang kini berdomisili di Seminyak, Badung ini datang ke Fakultas Bahasa dan Seni khususnya untuk mengisi di Seminar Akademik jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan para mahasiswa sebagai calon pengajar tentang cara-cara meningkatkan komunikasi dan kepemimpinan, menemukan penyelesaian masalah yang dihadapi dalam proses komunikasi dan kepemimpinan, serta untuk memenuhi program kerja yang telah dirancang.

Melalui permainan hulahop secara berkelompok, Hishinuma-sama memperlihatkan bagaimana komunikasi yang baik. Yang pertama ialah permainan keseimbangan 5 orang yang berjalan dengan meletakkan lingkaran hulahop pada jari telunjuk yang tidak boleh menyentuh sendi telunjuk, serta tidak boleh saling berkomunikasi atau tidak boleh bicara sama sekali. Sangat sulit! Hulahop selalu terjatuh sebelum menyentuh garis finis. Kemudian permainan kedua yakni permainan yang sama hanya bedanya di permainan ini kita boleh berkomunikasi atau boleh bicara satu-sama lain. Hulahop dapat sampai di garis finis dengan sempurna walaupun beberapa kali pernah jatuh juga. Inilah pentingnya komunikasi, kita tidak akan tergoyahkan jika selalu berkomunikasi apalagi terhadap rekan kerja dalam suatu organisasi. Permainan ketiga yakni saling mengenal karakter rekan kerja satu sama lain, dengan cara lima orang berkumpul membentuk lingkaran dan mulai saling menanyakan tentang kesukaan, cita-cita, dan lain sebagainya. Kemudian dari pengenalan ini, Hishinuma-sama menunjuk salah satu orang pada kelompok tersebut untuk menyampaikan karakter dan hal positif apa yang bisa ditiru dari rekan kerja.

Melalui kegiatan ini kami mendapat manfaat yakni dapat menambah wawasan dalam hal komunikasi dan kepemimpinan serta, menemukan penyelesaian masalah yang dihadapi dalam proses komunikasi dan kepemimpinan. Komunikasi yang baik tidak hanya dalam ranah organisasi, tapi juga diperlukan pada dunia kewirausahaan dan ruang lingkup keluar sendiri.

Indonesia