Kursus Mahir Dasar Pramuka PPG Pasca SM-3T Angkatan V Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2017

Tarif Biaya Kuliah Tahunan Mahasiswa Tahun 2017 Program S2 dan S3 Undiksha
10 Juli 2017
Undiksha Selenggarakan Tes SMBJM Berbasis Komputer
11 Juli 2017

Selasa (4/7) dilaksanakan upacara pembukaan kegiatan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka (KMD) mahasiswa PPG pasca SM3T angkatan V Undiksha di Asrama B Gedung Aula Kampus FOK Undiksha. Kegiatan ini diikuti oleh 105 peserta dari program PPG.  Dalam upacara ini hadir Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Panita dari MBMI Undiksha serta tim jajaran pelatih dari Kwarcab Pramuka Buleleng.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. Dalam sambutannya, WR I menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh peserta. Peserta diharapkan untuk mengikuti kegiatan secara aktif karena kegiatan KMD ini merupakan bekal awal sebagai seorang calon pembina pramuka.

Lebih lanjut Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si menambahkan bahwa peserta harus bertindak aktif dan selalu bertanya kepada kakak pelatih tentang semua yang belum diketahui. Selain itu, sesama peserta harus saling berbagi ilmu dan pengalaman dari daerahnya masing-masing. Kegiatan KMD ini dilaksanakan mulai 4 Juli 2017 s.d 9 Juli 2017.

Kegiatan pematerian berupa teori dan praktik. Materi kegiatan di antaranya adalah Cara Membina, Menyusun Program Peserta Didik, Kesiagaan, Kepenggalangan, Kepenegakan, Penjelajahan, SKU/SKK/TKK, Nasionalisme, Api Unggun, dan kegiatan lainnya.

Indonesia