Kegiatan IT2D HMJ Pendidikan Teknik Informatika ke-9 Berlangsung Meriah

Jalan Sehat Awali Perayaan Serangkaian Ulang Tahun Pendidikan Teknik Informatika Ke-10
29 September 2017
Melalui Diklat UKM Kesda Tumbuhkan Jiwa Seni Generasi Muda
30 September 2017

Acara IT2D 9 serangkaian ulang tahun jurusan Pendidikan Teknik Informatika resmi dibuka (25/9). Bertempat di  gedung auditorium Universitas Pendidikan Ganesha, pembukaan ini dihadiri langsung oleh beberapa undangan yang meliputi Dekan Fakultas Teknik dan Kejuruan, Wakil Dekan FTK, Dosen PTI, Ketua BEM FTK, serta Ketua HMJ dilingkungan FTK. Kegiatan ini IT2D dibuka secara resmi oleh Bapak Dekan FTK Dr. I Gede Sudirtha, M.Pd.

Pelaksanaan IT2D jurusan Pendidikan Teknik Informatika telah dilakukan selama berturut-turut ke-9 kalinya sampai tahun ini. Kegiatan IT2D tahun ini mengambil tema yaitu “The Synergy of Technology and Culture for Future Education”. Tujuannya yaitu ketika Teknologi dan Budaya saling berkolaborasi akan membentuk atau membangun sesuatu yang bermanfaat sehingga akan mempengaruhi Pendidikan masa depan dengan tidak menghilangkan Budaya yang ada. Dalam acara Pembukaan IT2D ini unsur Pendidikan terdapat lomba Fotografi yang diikuti oleh siswa SMA/SMK se-Bali dan dari kalangan mahasiswa. Dalam unsur Teknologi dalam acara Pembukaan ini berbeda dengan acara Pembukaan seperti biasanya. Biasanya pembukaan dilakukan dengan pemukulan Gong, tetapi pada kesempatan kali ini pembukaan dilakukan dengan memanah balon dengan aplikasi VR. Aplikasi VR ini merupakan singkatan dari Virtual Reality. Virtual Reality merupakan suatu teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan dan ditampilkan secara virtual dan pengguna seperti berada dalam keadaan tersebut. Setelah sempat gagal 1 kali dalam memanah balon, akhirnya balon bisa dipanah oleh Bapak Dekan FTK. Sehingga Acara IT2D 9 Jurusan Pendidikan Teknik Informatika resmi dibuka. Sedangkan di unsur Budaya nya yaitu ada tari-tarian yang dipertunjukan seperti Tari Sekar Jagat, Tari Barong, Tari Topeng Jago, dan Tari Kontemporer. Selain itu musik pengiring nya juga merupakan unsur Budaya yang tidak bisa kita hilangkan. Tidak lupa Maskot PTI juga ikut menari riang berkolaborasi dengan Topeng Jago.

Kegiatan IT2D 9 akan dimeriahkan dengan rentetan acara dan dilaksanakan kurang lebih selama satu minggu, yang setiap hari nya terdapat berbagai jenis lomba yang diadakan seperti Lomba Game, Lomba Olimpiade TI (OTI), Lomba Essay, Desain Art Compatition, Game Development Compettition, Lomba Penggalian Data dan Informasi, Lomba Musik Kolaborasi, dan Lomba Film Pendek. Kegiatan IT2D 9 ini juga terdapat Expo yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Tidak jarang peserta lomba beserta Guru Pendampingnya berkunjung ke expo ketika menunggu hasil lomba yang diikuti. Dan tidak jarang pula peserta lomba dan guru pendamping meminta untuk berfoto dengan Tude sebagi maskot PTI.

Indonesia