International Karate Championship, Undiksha Juara Umum 3

International Conference on Advanced Informatics: Concept Theory and Applications (ICAICTA)
16 Agustus 2017
Format Laporan Akhir Pembekalan
16 Agustus 2017

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, kembali menoreh prestasi. Kali ini kampus pencetak tenaga pendidik terbesar di pulau Dewata ini berhasil menduduki peringkat ketiga kejuaraan karate tingkat internasional, yang berlangsung di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning Batam, Kepulauan Riau.

“Kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari, sejak kamis (10/8) hingga sabtu (12/8). Dalam kejuaraan tersebut Undiksha berhasil meraih enam emas, tiga perak, dan satu perunggu” kata ketua tim pendamping Karate Undiksha, Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd, M.Pd, di Singaraja, Bali, selasa.
Ia mengatakan, empat mahasiswa yang meraih medali emas masing-masing atas nama Samsul Bahtiar Anwar nomor kata perorangan senior putra, Komang Krishna Sagita Dewi dari nomor kata perorangan putri, Putu Agus Putra Bimantara dari nomor komite 55 kilogram putra dan terbaik dari yang terbaik.

“Emas juga diraih Ni Kadek Ami Ariasti dari nomor komite 68 kilogram dan Ketut Agus Sumandiyasa dari nomor komite 84 kilogram putra” terang dia didampingi pelatih lainnya yakni Nyoman Omy Angreni dan Nyoman Maduria.

Yogi menjelaskan, peserta dari kejuaraan tersebut berasal dari puluhan tim dari delapan negara yakni, Iran, Nepal, Singapura, Malaysia, Sri Lanka, India, Pakistan dan Indonesia.

Sementara itu, Rektor Undiksha Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi luar biasa kepada para mahasiswa yang meraih gelar juara dan medali pada gelaran lomba tingkat internasional tersebut.

Jampel menegaskan bahwa undiksha selalu memberikan ruang kepada semua mahasiswa untuk memacu diri ikut dalam berbagai perlombaan baik tingkat regional, asia, hingga dunia.

Keberangkatan mahasiswa ke Batam pun, kata jampel merupakan program dari undiksha guna memberikan ruang seluas-luasnya bagi mahasiswa dalam meraih prestasi, meskipun lomba tergolong kategori umum, bukan pendidikan. Pihaknya pun sempat berpesan agar mahasiswa membawa nama perguruan tinggi yang menjadikan dewa ganesha sebagai simbolnya. Ganesha sendiri merupakan dewa dengan karakter kuat, cerdas, dan tangguh. (ar)

Raihan prestasi gemilang tahun ini, kata dia, merupakan deretan panjang prestasi undiksha dalam bidang olahraga, utamanya bela diri. Bukan hanya itu saja prestasi luar biasa bidang olahraga Undiksha juga tidak lepas dari peran kampus khusus keolahragaan yang terletak di Desa Jineng Dalem, memiliki fasilitas lengkap berstandar Internasional.

“Kami salah satu perguruan tinggi yang memiliki fasilitas terlengkap. Mulai dari fasilitas olahraga dalam ruangan, hingga di fasilitas di luar ruangan,” terang dia sembari menambahkan terdapat pula fasilitas gym untuk mahasiswa dan atlet, tuturnya.

Indonesia