Seminar Nasional Vokasi & Teknologi Ke-1

Senari 4 dan Senadimas 1
19 November 2016
English Journalism Workshop 2016
23 November 2016

Fakultas Teknologi dan Kejuruan Sukses Laksanakan Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi Ke-1

SANUR – Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK) 2016 merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). SEMNASVOKTEK bertujuan untuk mempertemukan antara peneliti, praktisi dan mahasiswa agar bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam penelitian sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Seminar nasional yang diselenggarakan dengan mengangkat tema “Peningkatan Kompetensi Lulusan dalam Menghadapi MEA pada Bidang Teknologi dan Vokasi” ini bertempat di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor III Undiksha, Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes. Terdapat empat pembicara-pembicara kunci yang hadir pada acara tersebut yaitu Dr. Eng. Agus Setiawan, M.Si. dari Universitas Pendidikan Indonesia, I Ketut Suparsa S.T , M.T yang merupakan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Denpasar, Dr. I Gede Sudirtha, M.Pd sebagai pembicara yang mewakili tuan rumah dari Dekan Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha, dan Tia Kusuma Wardhani, S.H., M.M. yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali.

Bapak Dr. Agus Setiawan menyampaikan materi seputar peningkatan kompetensi lulusan menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN. Bapak Ketut Suparsa mengangkat isu tentang peran serta stakeholder dalam meningkatkan kompetensi lulusan. Bapak Dr. I Gede Sudirtha mengetengahkan topik pentingnya lesson study dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kualitas lulusan di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan. Sementara Ibu Tia Kusuma Wardhani menyampaikan tentang peran serta universitas dan pemerintah daerah dalam menghasilkan lulusan vokasi yang berkualitas dan memiliki daya saing.

Dalam seminar ini, disampaikan pula beragam isu seputar pendidikan vokasi dan teknologi oleh pemakalah-pemakalah baik dari Bali maupun luar provinsi. Ketua Panitia SEMNASVOKTEK, I Ketut Resika Arthana, S.T., M.Kom., menyampaikan bahwa seminar nasional ini dihadiri oleh lebih dari 50 (lima puluh) pemakalah dari sembilan perguruan tinggi di Indonesia. Arsip-arsip kegiatan SEMNASVOKTEK dapat diakses melalui laman seminar nasional di http://ftk.undiksha.ac.id/semnasvoktek2016.

Indonesia