Dorong Peningkatan Publikasi Ilmiah, Fakultas Bahasa dan Seni Adakan Workshop

Undiksha Luncurkan e-Ganesha
19 Juli 2017
Pacu Peningkatan Mutu, Undiksha Gelar Pelatihan Auditor Mutu Internal Akademik
25 Juli 2017

Roadshow unit Pengembang Jurnal dan Publikasi (PJP) Undiksha di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Undiksha telah menyelenggarakan kegiatan workshop persiapan penulisan artikel untuk publikasi internasional Jumat (21/7). Workshop menghadirkan dua orang instruktur yaitu Dr.rer.nat I Gusti Ngurah Agung Suryaputra, S.T, M.Sc (Prodi Analis Kimia) dan Kadek Yota Ernanda Aryanto, S.Kom., M.T., Ph.D. (Prodi Ilmu Komputer). Kegiatan dilaksanakan di laboratorium bahasa FBS dan diikuti oleh sekitar 25 orang dosen.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan I FBS. Selanjutnya kedua instruktur membimbing peserta untuk registrasi di portal Sinta, membuat akun ORCID, penelusuran artikel atau reference dalam database ilmiah seperti Scopus, DOAJ, Microsoft Academics, Portal Garuda, dan sebagainya. Setelah itu, peserta juga dilatih untuk terampil menggunakan reference manager Mendelay, Plagiarsm checker, dan Grammarly.

Kegiatan diakhiri dengan penyampaian dasar-dasar penulisan artikel untuk publikasi internasional oleh Dr.rer.nat I Gusti Ngurah Agung Suryaputra, S.T, M.Sc. Berbagai tips dan trik jitu untuk sukses menembus jurnal internasional disampaikan oleh Suryaputra, reviewer penelitian pusat yang memiliki segudang pengalaman dalam publikasi di jurnal internasional bereputasi.

Jurusan atau fakultas di lingkungan Undiksha yang berminat untuk mengadakan workshop sejenis dapat langsung menghubungi unit PJP melalui ketua unit Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd (email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id). Dosen dan peneliti yang terampil dan memiliki kemampuan dasar seputar penulisan artikel untuk publikasi di jurnal internasional merupakan modal dasar untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi Undiksha dalam rangka menyukseskan tahun 2017 sebagai tahun publikasi.

 

Indonesia